Mengatasi Saluran yang Tersumbat dan Menghilangkan Bau

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam setiap rumah pasti selalu saja ada saluran air yang tersumbat. Masalah saluran air yang tersumbat merupakan hal yang tidak bisa dianggap sepele. Tersumbatnya saluran air dapat menimbulkan beberapa masalah seperti terganggunya jalan pembuangan air yang menyebabkan bau yang tidak sedap. Biasanya saluran air yang seringkali mengalami masalah ialah saluran air pada tempat cucian dapur serta pada bagian kamar mandi. Agar saluran air kembali lancar, maka anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

Bahan Kimia Pembersih Saluran Air

Kini dipasaran sudah tersedia beberapa jenis produk kimia untuk melancarkan saluran air yang tersumbat. Cairan kimia tersebut bekerja dengan menghancurkan lemak serta kerak sebagai sumber masalah penyumbatan. Selain itu, produk tersebut juga mengandung bahan-bahan tertentu yang berfungsi untuk memusnahkan kuman yang menimbulkan bau tak sedap dari saluran yang tersumbat. Dalam penggunaanya anda perlu berhati-hati dan mengikuti setiap anjuran pemakaiannya. Sebab bahan kimia yang terkandung didalamnya merupakan bahan kimia yang cukup keras dan dapat mengiritasi kulit. Setelah selesai memasukan bahan kimia ke dalam saluran air yang tersumbat, maka anda perlu membuat sisa air dengan perlahan agar bau tidak sedap berangsur-angsur menghilang.

Pembersih Saluran Air yang Alami

Selain menggunakan bahan kimia, anda juga bisa menggunakan cara yang lebih alami. Cara alami cenderung banyak dipilih karena alasan lingkungan serta keselamatan. Bahan alami yang seringkali dimanfaatkan ialah dengan menggunakan baking soda, air mendidih dan cuka. Cara pengaplikasiannya ialah sebagai berikut ini:

  • Tuangkan satu cangkir baking soda ke dalam saluran yang tersumbat, dan pastikan bubuk tersebut masuk ke dalam saluran air.
  • Kemudian, tuangkan dua cangkir air mendidih ke dalamnya dan tunggu beberapa menit.
  • Setelah menunggu beberapa waktu, tambahkan kembali secangkir baking soda ke dalam saluran air dan dilanjutkan dengan menuangkan secangkir cuka putih.
  • Anda perlu menyumbat saluran airnya, dalam beberapa saat maka akan muncul gelembung dan suara mendesis keluar dari saluran air.
  • Setelah gelembung hilang, kemudian tambahkan dua cangkir air mendidih

Menghilangkan Bau Tak Sedap

Apabila saluran air sudah kembali lancar namun bau tidak sedap masih muncul maka hal tersebut merupakan efek dari pembusukan benda-benda yang tersangkut pada saluran air, sehingga bakteri serta kuman berkembang biak dan menghasilkan bau tidak sedap. Untuk mengurangi bau tidak sedap maka anda  bisa melakukan cara berikut ini:

  • Untuk bagian dapur, maka anda lebih baik membuang sisa-sisa makanan langsung ke tempat sampah. Sediakan penyaring di tempat cucian piring agar sisa makanan tidak masuk ke dalam saluran pembuangan.
  • Sama halnya dengan di kamar mandi, anda juga perlu menggunakan penyaring kotoran pada saluran pembuangan untuk menghindari sumbatan akibat rambut yang rontok.

Untuk menghindari tersumbatnya saluran dikemudian hari maka rajinlah untuk membersihkan dapur serta kamar mandi. Gunakan penyaring agar kotoran tidak ikut masuk terbawa masuk ke dalam saluran air. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *