Perawatan Rumah Saat Musim Penghujan

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki curah hujan cukup tinggi. Terlebih pada awal tahun seperti ini, saat musim penghujan sedang tinggi-tingginya. Risiko kebocoran pasti selalu menghantui anda. Dan tidak ada yang mau bila rumah idaman anda mengalami kebocoran. Dengan demikian anda perlu menyiasati agar rumah menjadi terawat dan tentunya awet. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rumah  menjadi awet, aman serta nyaman bagi keluarga anda. Berikut ini beberapa bagian rumah yang perlu dirawat saat musim penghujan:

Atap

Atap adalah suatu bagian penting dalam rumah yang perlu kita perhatikan. Terutama saat musim hujan datang. Bahan atap usang atau rusak memungkinkan air untuk meresap ke dalam rumah kita dan merusak struktur atap rumah kita. Periksa atap rumah kita setidaknya dua kali setahun. Jika kita memiliki loteng, kita dapat melihat tanda-tanda penetrasi air di bawah atap setelah hujan. Dan untuk menjaga agar atap tetap awet kita perlu melakukan pengecatan atap dengan cat waterproofing yang menjadikan atap kita menjadi lebih tahan terhadap hujan ataupun terik sinar matahari.

Langit-langit (plafon)

Saat hujan, jika terjadi rembesan air, segeralah untuk memperbaikinya. Sebab jika didiamkan, rembesan air tersebut bisa menimbulkan jamur yang bisa menyebabkan perubahan warna dinding dan langit-langit (plafon) rumah kita.

Dinding Luar

Saat musim hujan, dinding di rumah juga biasanya berjamur dan mengelupas, hal ini disebabkan karena masuknya air dari dinding luar yang meresap hingga ke dalam. Jangan dibiarkan terlalu lama, sebab dikhawatirkan jika dinding dalam rumah berjamur terlalu lama akan menyebabkan rapuh.Solusinya berikan cat pelapis anti bocor dan anti jamur pada dinding luar rumah kita sehingga dinding dalam rumah kita pun akan aman dari rembesan air hujan.

Aliran Listrik

Hal ini juga sangat penting kita lakukan. Periksa dengan teliti kabel-kabel yang ada di dalam rumah ataupun di luar rumah, jangan sampai terkena air hujan.Pastikan keadaannya terbungkus dengan rapi, rapat, dan tidak ada yang terkelupas.Sebab jika ada kabel yang terkelupas akan sangat berbahaya jika terkena air hujan, harus segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

Beberapa bagian rumah di atas merupakan bagian yang sangat vital anda perhatikan. Sebab, bagian-bagian rumah tersebut sangat rentan mengalami kerusakan atau kebocoran saat musim hujan. Anda perlu memastikan jauh-jauh hari agar risiko kebocoran tidak anda alami. Anda bisa menghubungi kami untuk keperluan perbaikan serta perawatan rumah anda. Segera hubungi kontak person kami dan kami akan memberikan layanan yang terbaik untuk anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *