Pintu Atau Jendela Rumah Menjadi Berderit? Simak Cara Mengatasinya

Pintu Atau Jendela Rumah Menjadi Berderit? Simak Cara Mengatasinya

Pintu dan jendela adalah komponen penting dalam membangun rumah. Selain sebagai akses keluar masuk, pintu dan jendela dapat berfungsi sebagai penerangan di siang hari dan tempat untuk sirkulasi udara.

Akan tetapi, saat terdengar suara berderit dari pintu tentu akan membuat anda merasa jengkel. Bunyi derit tersebut bisa disebabkan oleh kondisi pintu atau jendela yang telah tua. Namun, jika kondisi pintu dan jendela masih bagus dan baru maka ada baiknya anda melakukan pengecekkan sebelum menimbulkan masalah di kemudian hari. Bunyi derit dari pintu atau jendela bisa jadi tanda jika bagian engsel kering saat dibuka atau ditutup. Bukan hanya menimbulkan suara yang tidak nyaman, namun hal ini akan membuat engsel semakin aus.

Berbagai jenis engsel

Setelah mengetahui jika bunyi derit disebabkan oleh engsel yang kering tentu anda haru segera melakukan perbaikan pada bagian tersebut. Engsel sendiri biasanya terbuat dari besi, kuningan, plastik hingga logam campuran. Sebelum memperbaiki engsel ada baiknya kita mengenal beberapa jenis engsel berikut ini:

1.      Engsel model bubut

Jenis engsel pertama adalah model bubut, model ini berbentuk tabung dan lubang pada bagian tenganya. Engsel model bubut ini terbuat dari besi, biasanya digunakan untuk pintu dengan bobok yang berat seperti pintu kayu jati asli.

2.      Engsel model sendok

Apakah anda pernah mengamati engsel yang ada di lemari atau laci meja? Kedua perabotan tersebut biasanya menggunakan engsel model sendok. Model engsel sendok sendiri terbagi dalam dua bagian yakni model lurus dan model bengkok. Model lurus biasanya digunakan pada bagian luar dan engsel bengkok untuk dipasang pada bagian dalam pintu.

3.      Engsel model kupu-kupu

Engsel ini berbentuk seperti hewan kupu-kupu, dengan tabung silinder di tengah dan besi pipih di kanan kirinya. Pada bagian sayap besi terdapat lubang berukuran kecil yang digunakan untuk menempatkan baut. Biasanya engsel ini dipakai pada pintu yang berbobot ringan.

4.      Engsel model patrom

Jenis ini sangat tepat digunakan pada rumah dengan konsep minimalis dengan kemungkinan akan direnovasi dalam waktu mendatang. Model ini tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

5.      Engsel model piano

Engsel model ini kabarnya pernah dipakai untuk menutup alat musik piano. Akan tetapi seiring berjalannya waktu engsel model ini, sering diaplikasikan pada lemari atau jendela. Engsel ini sangat cocok jika anda sedang melakukan penghematan untuk revonasi rumah.

Cara mengatasi suara berderit pada pintu dan jendela

Jika pintu atau jendela rumah anda telah berderit maka sesegera mungkin diperbaiki. Untuk menyelesaikan masalah ini tidak terlalu rumit anda cukup gunakan pelumas, minyak goreng di dapur atau oli bekas. Pada bagian engsel dan grendel yang kering lumasi dengan cairan tersebut, cara ini dinilai cukup  efektif untuk mengatasi bunyi derit pada pintu dan jendela.

Setelah anda melumasi engsel, cobalah cek kembali bagian bautnya, karena bisa jadi bunyi derit disebabkan oleh kendutnya baut pada engsel. Jangan lupa kencangkan jika baut-baut tersebut kendur. Jika baut tersebut tak bisa dikencangkan kembali, maka tandanya bagian tersebut longgar dan anda perlu menggantinya dengan yang baru dan berukuran lebih besar.

Jika bunyi deritan pintu atau jendela telah hilang, jangan lupa melakukan pemeriksaan secara rutin pada engsel dan bautnya. Lumasi kembali jika engsel mulai kering, serta kencangkan baut-baut yang kendur. Selain itu, bersihkan setiap debu yang menempel. Perawatan yang rutin akan membuat pintu atau jendela tidak berderit lagi.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *