Siap-Siap Merawat Rumah Saat Musim Penghujan Datang

Siap-Siap Merawat Rumah Saat Musim Penghujan Datang

Indonesia merupakan negara beriklim teropis, dimana ada dua musim yang dilalui setiap tahun yakni musim kemarau dan musim penghujan seperti ini. Tentu setiap musim yang telah dilalui perlu kita syukuri bersama. Namun, terkadang untuk menghadapi musim kita perlu menyiapkan diri agar lebih nyaman menjalani aktivitas baik di dalam maupun di luar rumah.

Selain menjaga kesehatan tubuh, rumah juga harus anda rawat selama musim penghujan ini. Apalagi di musim penghujan akan lebih banyak waktu yang dihabiskan di rumah. Untuk itu anda perlu memperhatikan rembesan air hujan, cipratan tanah dari luar hingga tembok kamar yang mulai lembab atau berjamur. Semua itu tentu akan membuat kita kurang nyaman bukan? Untuk itu berikut ini adalah tips merawat rumah agar tetap bersih dan nyaman di musim penghujan, antara lain.

1.      Periksa dinding rumah agar tidak lembab ataupun muncul jamur

Di musim penghujan ternyata dinding rumah menjadi rentan terkelupas dan berjamur. Hal ini karena air hujan yang masuk dari dinding bagian luar kemudian meresak ke dalam. Bukan hanya itu, rembesar dari langit-langit atau plafon juga mengalir ke dinding apabila didiamkan begitu saja maka hal tersebut akan membuat terktur dindin lebih rapuh. Untuk itu ada baiknya anda melapisi dinding dengan cat anti bocor agar tetap aman selama musim hujan ini.

2.      Cek listrik dan peralatan elektronik di rumah

Suhu udara yang lebih lembab selama musim hujan berlangsung tentu dapat membuat kabel listrik di rumah menjadi mudah terkelupas dan rapuh. Untuk itu, pastikan kembali kabel listrik telah terbungkus dengan rapat dan rapi. Jika anda menemukan kerusakan maka segera perbaiki atau ganti dengan kabel yang baru. Selain itu, jauhkan alat-alat elektronik di rumah dari tempat-tempat yang mudah basah agar tiak terjadi korseling, kebakaran, dan sengatan listrik yang mengancam keselamatan anggota keluarga. Serta alat elektronik anda tidak akan rusak karena terkena air.

3.      Lindungi furnitur rumah khususnya yang berbahan dasar kayu

Melindungi perabotan rumah agar tidak mudah rusak saat musim penghujan tentu hal yang tidak boleh diabaikan. Apalagi furnitur yang terbuat dari kayu seperti meja, kursi, rak buku dan lain-lain. Usahakan anda menjauhkan barang-barang tersebut dari tempat yang mudah terciprat air seperti jendela atau pintu. Jika anda menggunakan lantai kayu, maka usahakan lantai tetap kering. Hal ini karena kayu yang dibiarkan lembab akan mudah lapuk dan rusak.

4.      Gunakan disinfektan untuk membersihkan lantai rumah

Ruangan yang lembab tentu akan menjadi sarang kuman dan tempat untuk berkembang biak. Tentu kuman yang ada di rumah anda akan menjadi sumber penyakit bagi seluruh penghuni rumah. Untuk itu sesering mungkin membersihkan rumah dengan memakai disinfektan. Yang merupakan bahan kimia pembunuh kuman.

5.      Memastikan ventilasi udara berfungsi baik

Ventilasi berguna untuk udara segar dapat mengalir ke dalam rumah sehingga hal ini mencegah rumah menjadi lembab. Jika terjadi hujan deras maka, tutup ventilasi udara, setelah reda anda boleh membukanya kembali. Ingat pastikan ventilasi berfungsi dengan baik.

6.      Periksa atap dan langit-langit rumah

Yang paling penting adalah periksa atap dan langit-langit rumah anda. Jangan sampai terjadi kebocoran selama musim penghujan ini. Cobalah pastikan apakah ada genting yang pecah atau bergeser? Selain itu ada baiknya anda melapisi genting dengan cat anti bocor pada setiap sambungannya. Sehingga atap lebih aman dari kebocoran.

Jika terjadi kebocoran atau rembesan air, maka segera perbaiki langit-langit rumah anda. jika tidak langit-langit akan berjamur bahkan roboh.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *