,

Teknik Membuat Sambungan Paralon dan Pipa PVC

Pipa paralon dan PVC atau Polu Vinil Chlorid merupakan komponen yang memiliki fungsi cukup penting di rumah atau bangunan lain. Fungsi utamanya ialah untuk membuat sistem instalasi air dan sanitasi. Terdapat pula yang menggunakan pipa ini sebagai pelindung kabel ataupun sistem instalasi listrik.

Permasalahan yang sering dihadapi dalam penggunaan paralon serta PVC ialah adanya sambungan yang terlpas atau bocor dan patah. Oleh karena itu, kita perlu memahami metode dan cara untuk membuat sambungan paralon dan pipa PVC menjadi baik kembali.

Sistem penyambungan pipa untuk instalasi air, sanitasi serta kelistrikan juga sebaiknya dipasang sebelum dinding dan komponen lain diberi lapisan penutup. Misalnya pada bagian atap, sambungan yang ada di tempat ini perlu dipasang sebelum plafon dibuat. Sedangkan pada bagian dinding waktu terbaik dalam pemasangan ialah sebelum diberi lapisan aci atau ditutup dengan bangunan semen dan pasir.

Khusus untuk saluran air dan sanitasi, penyambungannya harus dilakukan dengan sempurna dan rapat. Jika terjadi kebocoran proses perbaikannya akan membutuhkan waktu yang lama dan dana yang tidak sedikit karena harus melakukan pembongkaran dan pekerjaan finishing harus diulang lagi. Sedangkan pada saluran listrik, kebocoran pipa dapat membuat penghuni merasa takut dan tidak nyaman karena saluran listrik tersebut bisa menimbulkan bahaya kesetrum, kebakaran dan lain-lain.

Sedangkan untuk saluran air dan sanitasi, maka penyambungannya harus di lakukan dengan sempurna dan rapat. Sebab bila terjadi kebocoran maka proses perbaikannya akan membutuhkan waktu yang relatif lama serta tidak sedikit , sebab harus melalui proses pembongkaran dan harus mengulang finishing. Disisi lain pada saluran listrik, kebocoran pipa dapat membahayakan penghuni rumah sebab bila kobocoran pipa listrik sampai terjadi dapat menyebabkan bahaya tersetrum hingga kebakaran.

Maka hal pertama yang perlu dilakukan ialah dengan menghindari beberapa permasalahan tersebut, seperti dengan membeli atau membeli pipa paralon dan PVC yang berkualitas baik dan terjamin keasliannya. Anda bisa menanyakan mana pipa yang berkualitas di toko-toko bangunan dekat rumah anda. Bila anda telah yakin, maka selanjutnya ialah melangkah pada proses pengerjaan.

Namun sebelum melangkah pada proses pengerjaan, maka sebaiknya siapkan terlebih dulu beberapa jenis perlatan yang dibutuhkan. Seperti sambungan pipa, lem paralon dan PVC, ampelas, kain bersih serta gergaji. Khusus pada sambungan pipa, maka terdapat beberapa jenis misalnya seperti sambungan lurus, sambungan sembilan puluh derajat, dan sambungan tiga dan empat arah.

Sebelum melakukan penyambungan, maka sebaiknya pipa dan sambungan dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kain bersih agar tidak ada kotoran yang menempel. Setelah itu, bagian ujung pipa yang ingin disambung diampelas secaraperlahan. Hal yang sama juga dilakukan pada bagian dalam sambungan. Tujuannya ialah agar permukaan yang ada di tempat tersebut menjadi kasar, sehingga dapat merekat dengan lebih erat. Perlu anda ketahui bahwa pipa paralon dan PVC memiliki sifat yang agak licin, sehingga bila tidak dibuat kasar terlebih dahulu lem tidak akan merekat dengan erat.

Kemudian dalam pengampelasan perlu dilakukan secara hati-hati, sebab pengampelasan yang dilakukan dengan kasar dan dalam waktu lama akan membuat sambungan menjadi longgar sehingg risiko kebocoran menjadi besar.

Setelah itu ialah dengan mengoleskan lem pada permukaan pipa dan bagian dalam sambungan. Untuk pipa yang difungsikan sebagai saluran sanitasi dan air ada yang tidak menggunakan lem, namun menggunakan sejenis perekat yang bentuknya seperti selotip namun sangat tipis dan bersifat elastis. Bahan tersebut akan membuat sambungan semakin erat bila dipakai ketika sudah kering dan terkena air.

Kemudian setelah lem dioleskan, sambungan tidak langsung dipasang melainnya harus menunggu beberapa menit agar lem agak mengering. Setelah itu sambungan dapat dilekatkan dan disatukan dengan cara diputar-putar hingga dapat masuk dan melekat erat. Bila sudah benar-benar mengering, barulah dapat digunakan sesuai dengan fungsinya.

Demikian beberapa tips tentang pipa paralon dan PVC. Apabila anda mengalami kesulitan dalam pemasangan serta perbaikan maka segera hubungi kami. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *