Tips Agar Jendela Rumah Tampil Artistik

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghasilkan jendela rumah yang terlihat menarik, unik dan juga artistik. Namun, terdapat beberapa hal yang mendasar yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan desain jendela yang menarik. Akibatnya bila dilupakan ialah dalam beberapa bulan saja jendela sudah terlihat kurang menarik dan membosankan. Agar hal tersebut tidak terjadi, simak beberapa ulasan berikut tentang mendesain jendela menjadi menarik dan unik.

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh perancang adalah saat menempatkan bukaan jendela posisi yang kurang fungsional ke area eksterior. Artinya, untuk ruang dalam memang cukup maksimal, namun terlihat kurang menarik.

Salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan oleh designer ialah saat tidak menempatkan jendela pada posisi yang kurang fungsional di area eksterior. Oleh sebab itu, dalam penempatannya perlu memperhatikan dalam segi fungsi dan lokasinya, agar tidak mengeluarkan biaya banyak untuk merenovasinya. Agar lebih mudah, berikut itu terdapat beberapa tips yang bisa anda ikuti dalam menyesuaikan penempatan jendela.

  1. Sebelum menempatkan jendela, ada baiknya untuk mempelajari arah pergerakan matahari muncul dan tenggelam. Sebab dengan mempelajari pergerakan matahari sangat berpengaruh pada ruang dalam sehingga lebar dan bukaan jendela dapat disesuaikan.
  2. Kemudian, sesuaikanlah lebar dan tinggi bukaan jendela dengan jumlah interior serta fungsi perabot yang ada di dalamnya.
  3. Dalam menentukan komposisi bukaan jendela, ada baiknya untuk berkonsultasi secara arsitek kepercaan anda. Dengan menentukan komposisi bukaan yang tepat, maka hasilnya dapat sesuai dengan desain rumah anda.
  4. Bila anda menginginkan rumah dengan jendela yang sangat artistik, maka jangan lupa untuk menomersatukan kenyamanan.
  5. Selaraskanlah desain jendela dengan taman, ataupun bentuk desain rumah Anda agar mendapatkan kesan serasi.

Dalam membuat kesan jendela dengan lebih artistik, terdapat beberapa bahan yang bisa anda manfaatkan untuk ornamen pada jendela anda. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Teralis besi, alumunium, dan kayu

Teralis dapat dipasan di dalam maupun di luar jendela. Kegunaan teralis ialah sebagai pengaman dan mempercantik penampilan jendela. Sedangkan teralis yang berada di luar jendela berfungsi untuk mengahalangi sinar matahari yang masuk berlebihan. Teralis terdiri dari beberapa jenis seperti besi, alumunium, dan kayu. Teralis yang berada di luar jendela biasanya terbuat dari bahan besi dan alumunium sedangkan teralis kayu dipasang dipasang langsung pada sisi kusen dengan menggunakan sistem baut atau sekrup sehingga secara struktural kuat.

Demikianlah beberapa tips agar jendela anda terlihat artistik. Sebenarnya masih banyak hal lain yang dapat membuat jendela rumah anda terlihat unik dan menarik. Bila anda membutuhkan bantuan, segera hubungi kami.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *