Tips Aman Memasang Instalasi Listrik Rumah

Dalam rumah, tentu sangat dibutuhkan aliran listrik. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan dasar misalnya untuk penerangan pada malam hari. Disisi lain, arus listrik juga dibutuhkan untuk menghidupkan alat elektronik yang jenisnya semakin bertambah sesuai perkembangan zaman dengan Cara menghemat listrik. Tentu aliran listrik tersebut perlu disiapkan dengan membuat sebuah instalasi listrik terlebih dahulu.

Saat inilistrik merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting dalam sebuah hunian. Tentunya hal ini tidak terlepas dari banyaknya kebutuhan yang berhubungan dengan kelistrikan. Tentunya dalam pesangan instalasi listrik perlu dipasang dengan benar dan aman. Sudah banyak kejadian kejadian kebakaran karena kesalahan dalam pemasangan instalasi listrik.

Dalam pemasangan instalasi listrik memang harus dikerjakan oleh orang yang sudah profesional. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa dalam pemasangan instalasi listrik terdapat hal-hal yang kurang sesuai. Bagi anda yang bukan profesional dalam kelistrikan anda tetap bisa melihat bahwa dalam pemasangan listrik terdapat kekurangan atau tidak dengan melihat beberapa hal berikut ini:

  1. Pahami denah rumah

Hal mendasar dalam pemasangan ilustrasi listrik ialah dengan memahami denah rumah. Tanpa memahami seluk beluk denah rumah maka anda akan kesulitan dalam pesangan instalasi listrik. Memahami tentang denah rumah ialah bukan soal desain interior ataupun eksterior rumah. Akan tetapi lebih pada seluk beluk yang memungkinkan penempatan sakelar serta letak stop kontak. Dengan memahami denah rumah makan akan lebih mudah dalam mengatur penyaluran listrik untuk seluruh rumah. Pastikan semua ruang mendapatkan saluran listrik serta untuk meminimalisir kesalahan pemasangan listrik.

  1. Menyiapkan peralatan instalasi

Setelah memahami denah rumah maka hal selanjutnya ialah menyiapkan peralatan listrik. Terdapat beberapa peralatan listrik yang perlu dipersiapkan seperti kabel, kWh meter, tang, gergaji besi dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan peralatan yang berkualitas tentunya anda harus rela mengeluarkan uang yang lebih banyak. Akan tetapi anda bisa menghematnya dengan membeli peralatan listrik yang benar-benar dibutuhkan serta sesuai dengan ukuran rumah anda. Jangan lupa siapkan sarung tangan serta sepatu karet sebagai alat proteksi diri bila terjadi resiko konslet listrik.

  1. Memilih pengaman

Dalam pemasangan instalasi listrik, maka perlu adanya pemasangan sistem pengaman. Pengamanan sendiri dapat berupa sekering atau MCB. Sekering dan MCB atau sirkuit pemutus sendiri memiliki fungsi untuk mengamankan arus listrik yang apabila terjadi konsleting listrik. Namun sayangnya fungsi pengamanan sekering hanya bisa sekali pakai, sehingga harus diganti secara berkala dan membutuhkan perawatan.

  1. Memahami warna kabel dalam instalasi listrik

Dalam memahami pemasangan instalasi listrik, anda perlu memahami warna kabel yang memiliki berbagai fungsi. Secara umum kabel yang berwarna hitam berfungsi untuk kabel fasa (strum). Kemudian kabel kuning bergaris sebagai fungsi kabel ground dan sedangkan kabel berwarna biru berfungsi sebagai kabel netral. Biasanya kabel-kabel tersebut merupakan kabel yang wajib ada dalam pemasangan intalasi listrik. Tanpa adanya beberapa kabel tersebut maka kelistrikan rumah menjadi kurang sempurna.

  1. Menyiapkan pipa conduit

Pipa condui ialah pipa yang dipakai untuk melindungi kabel yang digunakan dalam pemasangan instalasi listrik. Hal ini bertujuan untuk menjaga penghuni rumah dari resiko konsleting listrik. Pipa conduit juga berfungsi melindungi kabel listrik dari kerusakan yang disebabkan oleh tikus. Dan tak hanya itu, pipa konduit juga berfungsi untuk membuat jalur listrik menjadi lebih rapi.

Demikian beberapa hal yang perlu pahami dalam pemasangan intalasi listrik. Semoga dengan tips diatas dapat memberikan penjelasan agar lebih mudah dipahami. Bagi anda yang membutuhkan profesional dalam pemasangan instalasi listrik maka kami siap membantu anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *