Tips Cerdas Menghemat Biaya Listrik di Rumah

Salah satu pengeluaran rumah tangga yang kadang membuat budget rumah tangga menjadi membengkak ialah biaya listrik. Penggunaan listrik yang tidak terkontrol membuat pengeluaran rumah tangga menjadi besar. Seringkali biaya listrik mengahbiskan lebih dari 50 % biaya rumah tangga. Bila sudah seperti ini maka bisa membuat pemborosan dan pengeluaran rumah tangga menjadi tidak baik. Salah satu yang menyebabkan biaya listrik membengkak ialah kebiasaan buruk dalam penggunaan listrik.

Agarbiaya listrik tidak terus membengkak, berikut ini beberapa cara cerdas yang dapat anda terapkan di kehidupan sehari-hari, yaitu:

  1. Cabut Kabel/Peralatan Dari Saklar Saat Tidak Digunakan

Terbiasa membiarkan elektronik yang tidak terpakai tetap tertancap di saklar listrik merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat membuat rekening listrik membengkak. Untuk menghindarinya maka cabutlah elektronik yang tidak lagi terpakai, seperti televisi, charger handphone, setrika, kipas angin, dan elektronik lainnya. Walau sudah tidak terpakai dan dalam keadaan off, elektronik yang tidak terpakai tetap menyedot listrik. Baiknya segera cabut kabel peralatan elektronik anda bila tidak di gunakan lagi.

  1. Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa

Saat ini sudah terdapat dua sistem listrik, yaitu sistem yang lama dan sistem baru. Sistem yang baru menggunakan voucer listrik, sedangkan yang lama tidak. Kedua sistem listrik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi anda yang ingin menghemat listrik maka ada baiknya menggunakan sistem voucer listrik. Sebab anda dapat mengontrol seberapa besar pengeluaran untuk keperluan listrik yang anda gunakan dalam setiap bulan. Saat voucer listrik anda telah habis, otomatis listrik anda akan mati. Sehingga bila sudah demikian maka anda bisa mengisinya kembali sesuai dengan keperluan anda. Sistem voucer ini lebih menguntungkan karena anda bisa mengatur pengeluaran secara lebih presisi.

  1. Hemat Pemakaian Lampu

Tips berikutnya ialah dengan menghemat pemakaian lampu. Saat ini sudah tersedia berbagai jenis lampu yang hemat energi. Harganya memang relatif lebih mahal dibandingkan lampu biasanya. Tapi secara energi bisa jauh lebih hemat. Misalnya anda membeli lampu LED dengan daya 5 watt, maka terangnya bisa menyamai seperti 10 watt di rumah biasa. Selain mengganti jenis lampu, anda juga perlu memayikan lampu yang tidak lagi terpakai. Usahakan disiplin mematikan lampu yang tidak lagi terpakai seperti pada pagi hari atau pada malam hari saat mau tidur.

  1. Gunakan AC Seperlunya

Saat ini AC sudah menjadi salah satu kebutuhan. Hawa panas membuat penghuni rumah menjadi tidak nyaman sehingga pemasangan AC kini mulai banyak diminati. Akan tetapi, penggunaan AC yang tidak beraturan dapat membuat biaya listri anda membengkak. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka anda bisa menggunakan pengaturan mati atau pengaturan suhu otomatis yang teredia di remot AC. Misalnya saat suhu sudah mencapai kondisi dingin maka ac dengan otomatis mulai mengurangi daya. Dengan demikian penggunaan listrik bisa terkontrol.

Cara-cara di atas dapat anda terapkan untuk menghemat pengeluaran listrik anda. Namun bila cara-cara di atas sudah anda lakukan namun rekening listrik anda tetap membengkak, maka bisa jadi terdapat konsleting listrik. Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka segera perbaiki kerusakan listrik tersebut. Kami bisa membantu anda dalam mencari kerusakan listrik di rumah anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *