Tips dalam Memilih Cat Kayu

Selama ini kita mengenal fungsi cat hanya sebagai fisinishing suatu benda. Selain memberikan warna, fungsi cat juga sebagai bahan pelindung dari kelapukan pada kayu dan besi. Banyaknya jenis cat yang tersedia di pasaran, seringkali membuat anda kebingungan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih cat. Agar hasilnya maksimal, berikut ini terdapat beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam  membeli cat, terutama cat untuk kayu.

  1. Jenis Kayu

Pemilihan cat sangatlah bergantung pada jenis kayu. Serat dan bahan kimia yang terkandung dalam kayu dapat berpengaruh pada hasil pengecatan nantinya. Anda bisa memilih jenis cat sesuai dengan tujuan anda. Jika anda hanya menginginkan kayu menjadi awet dari pelapukan maka anda bisa memilih cat yang hanya berfungsi sebagai pelindung. Jika anda hanya menginginkan hasil akhir yang enak dipandang, maka anda bisa memilih cat yang memiliki warna sesuai dengan keinginan anda. Namun jika anda menginginkan keduanya, maka anda bisa memilih jenis cat yang memiliki dua fungsi sekaligus yaitu melindungi dan memperindah kayu.

  1. Perhatikan Fungsi Benda

Pemilihan cat kayu juga perlu memperhatikan fungsi benda yang akan dicat. Sebab, beda fungsi benda akan berpengaruh pada pemilihan catnya pula. Misalnya jenis cat untuk furniture berbeda dengan cat yang digunakan pada lantai kayu. Cat yang diaplikasikan pada furniture cenderung memiliki pelapis lebih tipis dibandingkan dengan cat yang diaplikan pada lantai kayu yang sering terkena gesekan.

  1. Pertimbangkan Jenis Cat

Di pasaran, terdapat tiga jenis cat kayu yaitu cat solid, cat efek khusus dan cat transparan pelitur. Dari masing-masing cat tersebut memiliki kegunaan yang berbeda. Cat solid merupakan cat yang cocok diaplikasikan pada kayu yang memiliki banyak cacat, misalnya tekstur yang kurang menarik atau banyak memiliki bagian yang perlu ditutupi. Sedangkan cat efek khusus merupakan cat yang memiliki fungsi untuk menambah kesan khusus pada kayu seperti kesan antik, bertekstur granit atau bahkan berkesan retak-retak. Berbeda lagi dengan cat transpran pelitur. Cat ini berfungsi untuk mempertahankan warna alami kayu, sehingga cat ini sangat cocok bagi anda yang menyukai kesan alami kayu.

  1. Memperhatikan Posisi Benda

Posisi benda yang dimaksudkan ialah berkaitan dengan letak benda setelah dicat, yaitu diletakkan di dalam ruangan (interior) atau di luar ruangan (eksterior). Perbedaan peletakan benda setelah dicat sangat berpengaruh pada pemilihan cat, sebab jenis cat yang diaplikasikan pada benda interior berbeda dengan cat yang diaplikasikan pada benda eksterior. Sebab, posisi benda ini sangat berdampak pada keawetan cat yang akan diaplikasikan. Oleh karena itu anda perlu menyesuaikan jenis cat dengan dimana posisi benda nantinya.

Itulah 4 cara yang bisa digunakan dalam memilih cat kayu yang bagus. Semoga bisa menjadi referensi untuk menambah pengetahuan anda. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *