Tips Dan Trik Merawat Lantai Rumah Sesuai Dengan Material

Tips Dan Trik Merawat Lantai Rumah Sesuai Dengan Material

Memilih material lantai rumah merupakan sebuah proses yang menyenangkan, terutama ketika memikirkan tampilan akhir dari interior rumah. akan tetapi, setiap material akan memiliki cara perawatan yang berbeda juga.

Kesalahan dalam perawatan lantai rumah itu tidak hanya akan merusak dari segi penampilan dari material lantai tersebut, tapi juga bisa menimbulkan kerusakanang mengharuskan kalian untuk mengganti material atau menjalankan renovasi rumah secara kecil-kecilan.

Tidak ingin hal seperi ini terjadi kan ? yuk pahami lebih dalam mengenai karakter material untuk lantai dan simak tips dan trik dalam merawat lantai rumah sesuai dengan materialnnya.

  1. Ubin Keramik

Ubin keramik merupakan material untuk lantai rumah yang paling praktis dalam segi perawatannya. Untuk menjaga kebersihannya hanya cukup disapu dan dipel setiap hari. Tidak heran jika lantai rumah dari material ubin keramik menjadi pilihan paling favorit.

Akan tetapi, kalian juga perlu menyikat bagian nat keramik sesekali. Bagian nat yang terletak pada lantai rumah yang menggunakan keramik yaitu bagian yang cepat kotor dan ditumbuhi jamur. Jadi, pastikan disikat sesekali dalam sebulan atau selama-lamanya disikat dua kali selama sebulan.

  1. Batu Alam Marmer Atau Granit

Untuk kalian yang menginginkan tampilan mewah dan elegan pada lantai rumah, material marmer dan granit bisa menjadi pilihan. Tapi, sifat kedua material ini yang berpori akan membutuhkan perawatan ekstra jika dibandingkan dengan material lantai rumah sebelumnya.

Pastikan terlebih dahulu lantai rumah dari marmer dan granit ini bebas dari genangan air. Jadi, jika terjadi tumpahan, segeralah mengeringkannya dengan kain pel. Jangan lupa untuk memberikan coating ekstra pada material marmer dan granit untuk memberikan perlindungan tambahan pada lantai rumah. jika perlu, lakukan juga coating ulang secara berkala.

  1. Parket Kayu

lantai dari parket kayu memang terkenal mampu memberikan kesan hangat dan lebih terkesan homey.  Tapi, sama halnya dengan lantai rumah dari batu alam, material ini juga tidak ramah terhadap genangan air karena akan membuatnya mudah ditumbuhi jamur dan mudah rapuh.

 

Selain itu untuk memastikan lantai rumah dari parket tetap kering, saat kalian mengepel lantai. Pastikan kalian menggunakan kain pel yang lembap dan jangan terlalu basah.

Lantai dari parket kayu juga rentan terhadap permukaan yang tajam dan mudah sekali tergores. Jadi, ada baiknya untuk memberikat karet pelindung tambahan pada semua perabotan yang ada dirumah kalian dan hindari memindahkan perabotan dengan cara diseret atau didorong, lebih baik jika mau memindahkan diangkat, untuk menghindari lantai rumah tergores dan rusak.

Meskipun rumit, perawatan secara rutin terhadap lantai rumah sebenarnya yaitu hal sederhana yang tidak boleh disepelekan. Dengan perawatan yang baik dan benar, maka material rumah milik kalian tentu akan menjadi lebih awet dan keindahannya akan tetap terjaga untuk menunjang tampilan interior rumah kalian. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *