Tips dan Trik Perawatan Tanaman Bonsai

Tanaman bonsai merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dikoleksi. Tanaman bonsai banyak dikoleksi oleh orang-orang yang memiliki ketelatenan tinggi. Sebab untuk bisa menjaga bentuknya yang unik dan menarik, maka harus dirawat secara intensif dan secara berkala. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu tanaman bonsai, berikut kami beri penjelasan sedikit. Dapat dikatakan, bonsai merupakan salah satu jenis tanaman yang benar yang sengaja dibuat miniatur. Sebenarnya, pohon bisa tumbuh sangat besar, namun karena diberikan suatu treatment pada tanaman tersebut maka tanaman tidak akan tumbuh besar. Seperti halnya tanaman pada umumnya, bonsai juga memerlukan perawatan yang baik dan teratur. Berikut ini adalah cara merawat tanaman bonsai yang dapat Anda lakukan, yakni :

Penyiraman secara rutin

Sama seperti tanaman yang lainnya, bonsai juga butuh penyiraman secara rutin. Namun kadar air yang disiramkan tidak perlu terlalu banyak. Sebab jika bonsai memiliki air yang berlebih dapat memicu tumbuhnya jamur yang akan mengakibatkan pembusukkan akar. Disisi lain bonsai juga tidak boleh dibiarkan dalam keadaan kering. Maka dari itu kelembaban tanah harus stabil, tidak terlalu basah tapi juga tidak terlalu kering.

Penggantian pot

Sejatinya tanaman bonsai ditanam di dalam pot yang dangkal. Untuk itu, demi mendorong pertumbuhan akar bonsai pot tanaman perlu digantik secara berskala. Terlebih jika bonsai terus menerus tumbuh dan berkembang, Anda akan membutuhkan pot yang lebih besar lagi. Jangan lupa untuk menyediakan lubang-lubang di dalam pot sebagai jalur air keluar agar akar bonsai tidak terendam air.

Pemupukan

Pemberian pupuk pada tanaman bonsai harus sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan. pemupukan sebaiknya dilakukan setiap satu bulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK serta urea. Selain pupuk untuk tanaman, Anda juga dapat menambahkan bubuk daun dengan pemakaian sebanyak tiga kali setiap bulannya.

Pemangkasan

Agar bonsai terlihat terawat dan tetap cantik, Anda juga perlu melakukan pemangkasan pada cabang-cabang yang mengganggu. Pemangkasan ini juga ditujukan sebagai bentuk pengendalian pertumbuhan cabang yang terlampau cepat. Selain cabang, bagian lain yang perlu dipangkas adalah ranting. Pemangkasan ini dapat Anda lakukan setiap satu bulan sekali, jika dilihat pertumbuhan bonsai sangat pesat. Namun jika masa pertumbuhannya cenderung lama, pemangkasan dapat dilakukan setiap dua hingga tiga bulan sekali.

Pembersihan akar

Selain mengganti media tanam bonsai, Anda juga perlu melakukan pembersihan akar yang semakin lama semakin tumbuh besar. Pertumbuhan akar yang pesat menandakan bahwa bonsai tergolong pada indikator tanaman sehat. Namun pertumbuhan akar yang berlebihan dan hanya dibiarkan saja justru akan menyiksa tanaman tersebut dan lama kelamaan mati. Untuk itu akar juga perlu dikontrol serta dibersihkan.

Penggantian kawat

Pada proses awal pembuatan bonsai, untuk menciptakan pola tertentu batang tanaman biasanya dililitkan dengan kawat. Ketika pola tersebut berhasil terbentuk, maka lilitan kawat yang sudah terbenam bisa dibuka secara perlahan. Sebab jika dibiarkan saja, bekas-bekas lilitan kawat justru dapat melukai cabang. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati ketika membuka lilitan tersebut. Setelah kawat lama berhasil dibuka, Anda dapat menggunakan kawat yang baru jika dirasa bentuk bonsai belum sempurna.

Demikian beberapa tips dan trik tentang merawat tanaman bonsai, tak terlalu sulit yang penting dilakukan secara rutin agar tanaman bonsai bisa tetap terawat dan terlihat baik. Apabila anda membutuhkan jasa dalam perawatan tanaman bonsai atau taman di rumah anda, maka anda bisa segera menghubungi kami untuk mendapatkan perawatan taman yang terbaik. Silahkan hubungi kontak person kami yang ada di website ini.

Semoga bermanfaat!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *