Tips Jika Dinding Rumah  Kalian Retak

Tips Jika Dinding Rumah  Kalian Retak

Retak dinding meski terlihat halus, akan tetapi sering kali merusak pemandangan dinding rumah kalian.

Retak dinding memang sangat halus, ukurannya hanya sekitar satu millimeter. Akan tetapi, sebaiknya untuk tidak diabaikan, karena biasanya berpotensi menjadi retakan yang lebih besar.

Untuk memastikan apakah retaknya ada dibagian structural atau non-struktural, kalian perlu untuk membobok bagian yang retak terlebih dahulu.

Jika keretakan hanya  ada di bagian plester, berarti itu hanya retakan non-struktural atau tidak berpengaruh pada bagian struktur. Dengan hal tersebut, penanganannya dapat kalian lakukan sendiri.

Banyak factor-faktor yang dapat menyebabkan retak non-struktural. Salah satunya yaitu ketika proses plester, kompisi adukan semen,air dan pasir tidak sesuai dengan takarannya.

Selain hal itu, pasir dengan kadar organic tinggi , pasangan bata belum kering ataupun terlalu kering dan cuaca panas terik. Hal itu juga dapat mempengaruhi factor keretakan.

Lalu, bagaimana tips memperbaikinya ? kalian hanya perlu menambal bagaian yang retak dengan menggunakan mortar acian adalah campuran antara air dan semen. Sebelum itu, buka lapisan dalam yang retak dengan lebar permukaan atau jarak dari kiri ke kanan sekitar 5 cm.

Setalah hal itu, siram permukaan dinding dan diamkan beberapa menit. Kemudian, mulailah menambal yang retak dengan mortar acian dengan ketebalan sesuai dinding sebelah kanan dan kiri yang retak.

Nah, setelah itu tunggulah selama 14 hari agar mengering dengan sempurna dan lakukanlah pengecetan dengan warna yang sama dengan cat sebelumnya.

Semoga artikel tentang tips jika dinding kalian retak bermanfaat untuk kalian semua.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *