Tips Memadukan Warna Cat Rumah

Memiliki hunian yang nyaman merupakan keingin setiap orang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat hunian rumah anda menjadi lebih nyaman untuk di tinggali, salah satunya ialah dengan mengganti warna cat rumah sesuai dengan keinginan anda. Bagi anda yang kurang bisa memadupadankan warna cat rumah justru akan membuat warna tembok rumah anda menjadi tidak harmonis. Dalam memilih warna cat tembok terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya ialah dengan memadukan dengan warna perabotan rumah. Perpaduan warna yang harmonis akan memberikan efek kenyamanan secara psikologis. Agar anda tidak kebingungan, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan, yaitu:

Mengenal roda warna

Roda warna ialah sebuah diagram warna yang di dalamnya penjelasan detil tentang karakteristik warna apa yang cocok untuk dipadukan. Roda warna sendiri terdapat beberapa bagian penting, yaitu warna primer, warna sekunder serta warna tersier. Dari penjelasan tentang beberapa kelompok warna ini maka anda dapat mengetahui warna apa saja yang cocok untuk dipadukan.

Perpaduan warna primer

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam roda warna terdapat salah satu karakteristik warna yang disebut dengan warna primer. Penggabungan warna primer disebut dengan konsep harmoni warna. Warna-warna yang ini biasanya bersifat tegas serta cenderung menyenangkan. Warna primer sendiri terdiri dari tiga warna yaitu merah, kuning dan biru.

Perpaduan warna komplementer

Berbeda dengan konsep harmoni, warna komplemeter merupakan warna-warna yang tercipta dari perpaduan warna primer. Sebutan warna komplementer ialah warna sekunder dan tersier. Perpaduan warna ini juga dapat menghasilkan warna yang indah. Misalnya seperti warna jingga, ungu, dan lain sebagainya. Warna-warna ini akan menghasilkan warna yang cenderung lembut.

Pertimbangkan aksen dinding

Untuk mendapatkan warna yang bagus terkadang anda perlu mencoba hal-hal yang baru, seperti dengan mengecat rumah dengan warna-warna yang berani. Rasa takut hasilnya jelek, membuat banyak orang untuk enggan mencoba. Padahal warna-warna berani tersebut dapat dipadukan dengan warna lain sehingga terciptalah warna dengan kombinasi warna yang menarik. Salah satu cara untuk membuat harmonisasi warna ialah dengan memberikan aksen pada dinding. Caranya ialah dengan membuat garis dengan cat berwarna kontras sehingga menimbulkan kesan yang menarik.

Berani Bereksperimen warna

Untuk bisa mendapatkan warna yang sesuai memang anda perlu berani untuk mencampurkan beberapa warna sehingga tercipta warna yang apik. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda, tentunya anda ingin rumah menggambarkan kepribadian anda bukan? Untuk itu cobalah untuk bereksperimen dengan menggabung-gabungkan beberapa warna. Anda tak perlu langsung membeli cat untuk berekperimen, sebab saat ini sudah tersedia beberapa aplikasi di gadget yang berfungsi untuk memadukan warna untuk keperluan dinding. Dengan bereksperimen maka kreatifitas anda akan muncul dan pastinya bila hal tersebut diaplikasikan pada tembok akan menjadikan diri tambah betah di rumah.

Sebenarnya untuk memadukan warna cat rumah merupakan keputusan anda sebagai pemilik rumah. Namun bila anda masih ragu dan takut, anda bisa menghubungi kami untuk membantu anda memilih warna-warna apa yang cocok untuk rumah anda. Segera hubungi kontak person kami dan kami akan siap memberikan pelayanan yang terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *