Tips Membersihkan Kaca Aquarium dari Kerak Yang Membandel

Banyak sekali orang yang menginginkan memiliki kolam ikan yang besar di pekarangan rumah. Namun seringkali keiinginan tersebut tidak bisa terlaksana karena tidak memiliki ruang terbuka yang luas. Hal tersebut sebenarnya bisa disiasati dengan memiliki aquarium kaca yang diletakkan di dalam rumah atau di teras. Memiliki aquarium dirasa lebih murah dan fleksibel dibandingkan memiliki kolam permanen di halaman atau di bagian rumah anda.  

Walau terkesan lebih sederhana dibandingkan harus membangun kolam permanen, namun untuk bisa terus melihat keindahan ikan-ikan yang berenang di dalam aquarium tentunya harus dilakukan perawatan secara rutin, terlebih membersihkan kaca yang sangat rentan terkena kerak.   

Kerak yang menempel pada kaca seringkali disebabkan oleh aquarium yang sering terlambat dibersihkan atau bahkan tidak pernah dibersihkan secara rutin. Dalam perawatan aquarium memang membutuhkan ketelatenan dan kejelian agar aquarium selalu bersih. Selain itu, kejernihan air juga berpengaruh pada kerak yang menempel di kaca aquarium. Bila kerak sudah menempel dalam jangka waktu yang lama, maka akan sangat sulit sekali untuk membersihaknnya. Hasilnya maka akan muncul jamur di beberapa bagian aquarium dan tentu saja akan merusak pemandangan.

Tapi anda tak perlu khawatir, tetap ada cara untuk mengatasi permasalahan seperti ini. Untuk mempersingkat waktu, berikut ini kami berikan tips-tipsnya:

Membersihkan bagian luar kaca

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah dengan membersihkan bagian luar aquarium. Tujuannya sederhana, yaitu untuk mengetahui bagian dalam aquarium sebelah mana saja yang memang sudah banyak berkerak. Anda bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan sedikit cuka. Gunakan kain yang permukannya halus agar kaca tidak tergores.

Membersihkan bagian dalam dengan spons

Setelah bagian dalam teratasi, kemudian yang perlu anda lakukan ialah dengan membersihkan aquarium bagian dalam dengan menggunakan spons. Gunakan cairan khusus pembersih kaca agar kerak-kerak membandel bisa langsung terangkat dengan mudah. Tentunya sebelum melakukannya anda harus menguras air dan memindahkan ikan-ikan kesayangan anda ke tempat yang telah disediakan. Dalam proses pembersihan tersebut lakukan beberapa kali dan pastikan kerak-kerak serta jamur yang menempel telah terangkat. Jangan lupa bilas dengan air bersih hinggabekar cairan pembersih kaca juga terangkat.

Gunakan pasta gigi

Selain menggunakan bahan khusus pembersih kaca, anda bisa juga menggunakan pasta gigi untuk membersihkan aquarium bagian dalam. Caranya sangat mudah, setelah air terkuras maka anda bisa oleskan pasta gigi ke seluruh permukaan kaca, khususnya yang terdapat kerak. Jangan langsung bilas dengan air, diamkan beberapa saat hingga kerak tersebut rontok. Selain menggunakan pasta gigi, anda juga bisa menggunakan sabun pencuci piring, soda api, cuka maupuan soda kue.

Manfaatkan Ikan Sapu-Sapu

Ikan sapu-sapu memiliki kepopuleran tersendiri bagi para pecinta ikan hias. Ya, bagaimana tidak? Ikan jenis ini dapat membantu anda dalam membersihkan aquarium anda. Jenis ini memakan lumut dan jamur yang menempel di kaca. Dengan memelihara ikan sapu-sapu maka anda bisa mengulur waktu dalam membersihkan aquarium. Namun walau anda memiliki beberapa ikan sapu, tapi anda tetap harus membersihkan aquarium walau dua minggu sampai satu bulan sekali.

Membersihkan aquarium memang membutuhkan ketelatenan dan disiplin yang tinggi supaya tetap bersih dan terjaga. Kebersihan aquarium juga menentukan kesehatan ikan yang hidup di dalamnya. Karena kebersihan aquarium juga tergolong dalam ciri-ciri rumah sehat. Demikianlah cara membersihkan kaca akuarium dari kerak. Bila anda membutuhkan bantuan dalam melakukan perawatan aquarium atau perawatan rumah lain segera hubungi kontak person yang ada di website ini. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *