Tips Membuat dan Merawat Vertical Garden dari Paralon

Vertical garden kini menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin memiliki taman namun tidak memiliki lahan. Jenis taman ini memang masih sangat jarang digunakan, selain memang belum banyak yang mengetahui bagaimana cara membuatnya, vertical garden juga membutuhkan perawatan sendiri. Penerapan vertical garden yang sangat minim tempat dapat dijadikan alternatif penghijauan di rumah yang memiliki lahan terbatas. Penggunaan vertical garden di rumah juga membawakan banyak manfaat. Selain sebagai penghias rumah, vertical garden juga berfungsi untuk melindungi eksterior rumah dari sengatan panas matahari. Selain itu, vertical garden juga berfungsi sebagai pelindung warna cat elegan rumah Anda bila terkena hujan.

Dari segi estetika, vertical garden juga dapat membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih menarik. Terlebih vertical garden dapat diterapkan diberbagai macam konsep rumah seperti berbagai macam desain rumah minimalis. Tanaman yang ditanam dalam vertical garden dapat menyaring udara kotor yang ada di rumah Anda dan menghasilkan oksigen yang segar. Sangat baik untuk membangun ciri-ciri rumah sehat. Keuntungan membuat vertical garden dari pipa paralon adalah proses pembuatannya yang cepat serta harganya yang murah. Untuk membuatnya, pertama-tama Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini :

  • Pipa PVC dengan diameter
  • Gergaji besi atau pipa
  • Bor
  • Selotip kertas
  • Meteran
  • Pisau
  • Baut

Cara membuat vertical garden dari paralon selanjutnya adalah sebagai berikut ini :

Menentukan Lokasi

Hal pertama yang dilakukan ialah dengan menentukan lokasi dimana vertical garden akan diletakan. Dari lokasi tersebut Anda dapat mengira-ngira sebesar apa dimensi yang dibutuhkan dari vertical garden sehingga pada saat pemasangan akhir, hasil yang di dapatkan tidak terlalu kecil maupun terlalu besar. Potong paralon dengan ukuran yang sesuai, lalu tandai pipa tersebut setiap 25 cm atau 40 cm dengan menggunakan selotip hingga menyerupai ruas-ruas bambu.

Ukur Pralon Sesuai dengan Kebutuhan

Tandai bagian pralon yang akan di lubangi. Pada bagian yang sudah diberikan tanda tersebut, potong dan iris pipa paralon dengan menggunakan gergaji. Pastikan paralon tidak sampai terpotong habis. Anda juga dapat memberikan tanda dengan spidol pada ruas-ruas pipa supaya hasil lebih akurat.

Gunakan Kompor untuk Memanaskan Pralon

Pipa paralon lalu dipanaskan pada bagian yang diiris supaya permukaannya melunak. Berhati-hatilah supaya pipa tidak terbakar sepenuhnya.

Memotong pipa paralon

Pada kondisi pipa yang melunak, lubangi permukaan tersebut dengan diameter yang sesuai. Lubang ini nantinya digunakan sebagai akses menaruh tanaman.

Buat lubang pada pipa

Jangan lupa untuk memberikan lubang pada bagian atas dan bawah permukaan paralon. Lubang yang ada dibagian atas difungsikan sebagai pengait pipa agar dapat digantungkan, sementara pada bagian bawah sebagai aliran sirkulasi air.

Proses finishing

Anda dapat membiarkan paralon dalam warna asli agar tampak natural, atau pun juga Anda dapat mengecatnya dengan warna-warna yang menarik. Pasangkan vertical garden pada dinding Anda. Setelah selesai, paralon tersebut dapat diisikan dengan tanah dan media tanam. Selanjutnya Anda juga dapat memasukan berbagai jenis tanaman vertical garden ke dalamnya.  Vertical garden dari paralon pun selesai.

Demikianlah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda gunakan sebagai cara membuat vertical garden dari paralon. Apabila anda menginginkan namun tidak memiliki waktu dalam pembuatannya maka anda bisa menghubungi kontak person yang ada di website kami dan kami akan membantu anda dalam mewujudkan vertikal garden di hunian anda. Semoga bermanfaat.  

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *