Tips Membuat Dinding Lama Jadi Terlihat Baru

Masalah warna dinding yang pudar seringkali membuat suana rumah menjadi tidak nyaman. Pudarnya warna pada dinding bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti faktor cuaca yang sering berubah atau juga bisa karena faktor usia cat yang sudah sangat lama. Agar warna dinding rumah anda terlihat lebih bersih dan warnanya selalu terjaga, maka anda perlu melakukan pengecatan ulang. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mengecat dinding:

Persiapan permukaan dinding

Agar hasil pengecatan maksimal maka sebelum melakukan pengecatan perlu mengecek kondisi dinding lama anda. Bersihkan permukaan dinding dari debu dan kotoran lain yang menempel dengan cara menggunakan air. Namun jika kondisi dinding anda berminyak, maka anda bisa membersihkannya dengan menggosoknya memakai cairan sabun.

Cat Dasar

Setelah dinding yang akan dicat bersih, maka selanjutnya anda perlu menyiapkan cat dasar. Fungsi cat dasar dalam pengecatan ulang yaitu agar lapisan cat utama yang nantinya akan diterapkan di dinding menempel dengan sempurna, merata, serta tahan lama. Pemilihan cat dasar yang baik akan meningkatkan daya rekat dinding agar tidak mudah menggelembung dan mengelupas .Sebelum menggunakan cat dasar maka lapisan cat lama perlu dihilangkan dengan cara dikerok atau diamplas. Pastikan proses pengerokan cat lama ini sempurna dan tidak meninggalkan cacat pada dinding.

Plamur

Plamur merupakan istilah lain dari dempul yang merupakan salah satu jenis dari cat dasar. Fungsinya yaitu untuk menutupi keretakan serta meratakan permukaan dinding yang cekung. Seringkali pengerokan yang tidak hati-hati mengakibatkan cacat pada dinding, sehingga palmur ini sangat membantu agar dinding tidak terlihat berlubang setelah dicat. Gunakan hanya pada bagian yang retak, tidak rata dan berlubang. Anda tidak disarankan untuk menggunakan plamur pada seluruh dinding.

Gunakan kuas yang sesuai

Saat anda ingin mengaplikasikan cat maka anda perlu memiliki beberapa jenis kuas. Gunakan kuas yang kecil untuk mengecat bagian yang sempit dan gunakan roller untuk mengecat area dinding yang luas. Penggunaan alat yang tepat akan memudahkan proses pengerjaan. Pengunaan kuas yang tepat juga dapat berpengaruh pada hasil pengecatan. Agar hasil pengecatan terlihat halus, maka anda bisa menggunakan roller untuk melapisi kembali dinding yang baru dicat setelah 2-3 jam pengecatan pertama.

Cara diatas merupakan sesuai dengan cara yang banyak digunakan oleh tukang profesional. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka anda bisa melakukan pengecatan dinding pada saat waktu yang luang, sebab mengecat dinding membutuhkan tenaga serta waktu yang tidaklah sedikit. Agar dinding lama anda terihat baru dengan sempurna maka kami siap untuk membantu anda dalam mewujudkan keinginan anda. Silahkan hubungi kontak person yang tersedia dan kami akan segera memberikan layanan yang maksimal.

Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *