Tips Membuat Taman Mungil di Rumah

Tren hidup kembali pada alam kini mulai banyak diminati oleh para penduduk urban. Selain lebh sehat, tren kembali pada alam juga berpengaruh pada kualitas hidup yang semakin membaik. Salah satu cara untuk mengahadirkan alam ke lingkungan rumah ialah dengan merancang sebuah taman. Walau anda memiliki lahan yang tidak terlalu luas, namun anda tetap bisa membangun sebuah taman yang dapat memberikan kesejukan pada rumah anda. Bagi anda yang berminat untuk memiliki taman di lahan  yang sempit, berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan:

  1. Sesuaikan dengan Gaya Rumah Anda

Untuk membuat sebuah taman yang nyaman dipandang, pertama-tama anda harus menyesuaikan bentuk dan ukuran taman dengan gaya rumah anda. Dengan menyesuaikan taman dengan bentuk rumah anda maka akan tercipta suatu kondisi yang nyaman serta harmonis. Misalnya rumah anda berbentu minimalis, maka anda bisa merancang taman di rumah anda juga dengan gaya yang minimalis pula, misalnya ditata dengan sederhana namun tetap nyaman dipandang mata. Selain itu anda juga bisa mengkombinasikan warna bunga-bunga di taman dengan cat tembok rumah anda.

  1. Pilih Tanaman yang Cocok untuk Ditanam

Setelah menyesuaikan bentuk taman dengan bentuk rumah anda, hal selanjutnya ialah dengan memilih tanaman yang cocok untuk di tamankan. Salah satu tips memilih tanaman ialah dengan mencocokan jenis tamana dengan iklim di pemukiman anda. Bila anda tinggal di daerah dataran tinggi, maka anda bisa memilih jenis bunga-bunga yang dapat tumbuh subur di hawa dingin, begitupula sebaliknya saat anda tinggal di pemukiman yang berhawa panas maka pilihlah jenis tanaman atau bunga yang tahan terhadap cuaca yang panas. Selain memilih sesuai dengan iklim, anda juga perlu memperhatikan pemilihan warna tanaman yang akan di tanam. Usahakan memilih tanaman yang warnanya senada dengan rumah anda, sehingga dapat mendukung keharmonisan secara visual.

  1. Taman Vertikal dan Horizontal, Mengapa Tidak?

Saat ini sudah banyak jenis-jenis bentuk taman yang bisa anda pilih. Taman kini tak hanya horisontal saja namun juga bisa dengan model vertikal. Tak adanya lahan di rumah untuk dijadikan taman membuat para kreatif membuat taman dengan bentuk vertikal. Tertu saja pembuatan taman vertikal tidak mengurangi keindahan di rumah anda, justru dengan adanya taman vertikal akan semakin membuat rumah anda menjadi lebih hidup. Salah satu cara yang mudah untuk menyusun taman vertikal ialah dengan menempatkan papan kayu untuk meletakkan pot-pot bunga. Agar lebih menarik maka anda bisa menyusun pot-pot bunga secara zigzag atau menyusun pot sesuai dengan warna bunga.

  1. Tanam Beberapa Jenis Bunga Bersamaan

Bila anda menginginkan taman yang berwarna-warni, maka anda bisa mengkombinasikan tiga warna bunga dalam taman anda. Tanamlah tiga jenis bunga dengan warna yang berbeda secara bersamaan. Dengan menanamnya secara bersamaan, maka anda bisa melihat taman anda tumbuh dengan warna bunga yang harmonis. Cobalah!

Demikianlah beberapa tips tentang membuat taman di lahan yang sempit. Saat ini sudah banyak hal yang bisa lakukan untuk membuat rumah anda nyaman untuk ditinggali. Jika bisa membuat taman, kenapa tidak?

Bila anda masih bingung bagaimana cara untuk membuat taman di rumah anda, maka kami akan dengan senang hati membantu anda mewujudkan taman impian anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *