Tips Memilih Bahan Plafon Yang Sesuai Dengan Rumah Anda

Tips Memilih Bahan Plafon Yang Sesuai Dengan Rumah Anda

Rumah memiliki fungsi sebagai tempat perlindungan dari terik panas matahari dan hujan. Maka dari itu, plafon juga menjadi komponen yang penting dalam sebuah rumah termasuk dari jenis bahan plafon tersebut. Di samping jenis plafon yang penting, tinggi rendah pemasangan plafon juga mampu mempengaruhi sirkulasi udara di dalam rumah anda.

Selain model plafon yang bermacam-macam, di toko material bangunan juga terdapat beraneka material umum yang digunakan sebagai bahan plafon rumah . bila anda bingung memilih bahan plafon yang sesuai untuk jenis rumah anda, coba perhatikan tips berikut ini.

  • Bahan Plafon Untuk Model Rumah Semiterbuka

Bagi anda yang mempunyai lahan rumah yang terbatas, konsep rumah semiterbuka bisa menjadi pilihan yang tepat. Ciri khas dari rumah semiterbuka ini yaitu tidak banyaknya sekat sehingga mampu memberikan kesan luas di dalam rumah anda.

Agar estetika bangunan tetap terjaga, tentu pemilihan jenis plafon menjadi hal yang perlu anda perhatian.  Misalnya jenis plafon fiber. Plafon ini sangat cocok digunakan untuk model rumah semitebuka. Plafon yang terbuat dari bahan serat plastik seperti ini membuat pemandangan di luar bisa terlihat dari dlam rumah. Adapun kelebihan lain dari plafon fiber ini yaitu dari segi proses pengerjaannya cukup mudah, tahan api dan air dan juga memiliki beban yang ringan.

  • Bahan Plafon Untuk Model Rumah Klasik

Selain konsep rumah semiterbuka, model rumah klasik juga mempunyai daya tarik tersendiri. Apalagi konsepnya juga relatif mudah untuk dikombinasikan dengan perabotan lain yang sedang sering dibicarakan / trend. Meski rumah klasik memiliki identik dengan arsitektur tunani atau roma kuno, namun ada juga desain rumah klasik dari negara lain seperti Prancis, Jepang , Maroko dan Maroko.

Disampng itu, pemilihan warna dan perabotan yang tepat, pemilihan jenis plafon yang ccok juga untuk membantu mempercantik langit-langit rumah anda nantinya. Bila anda ingin menciptakan rumah yang klasik , hangat dan natural, coba anda gunakan kayu sebagai bahan plafon. Di Indonesia sendiri, tepatnya untuk konsep hunian tradisional, masih banyak yang menggunakan material kayu sebagai desain interior. Salah satunya yaitu rumah tradisional sunda yang menggunakan anyaman bambu untuk mempercantik langit-langit rumahnya.

Bila mengadaptasi konsep rumah yang klasik dari luar negeri seperti Perancis dan Italia, anda bisa menggunakan jenis plafon gipsum yang dipadukan dengan balok kayu atau plafon gipsumyang dimodel drop ceiling. Jangan lupa untuk menambahkan lampu gantung jenis chandelier pada langit-langit rumah anda agar konsep rumah klasik lebih terasa.

  • Bahan Plafon Untuk Model Rumah Minimalis

Konsep rumah minimalis merupakan konsep rumah yang cenderung lebih mudah dalam pemilihan bahan dan perabotannya. Pasalnya, ketimbang menonjolkan dekorasi, rumah yang minimalis lebih mengutamakan fungsi. Karena itu, banyak rumah yang minimalis di luar sana yang berbentuk geometris dan tidak memiliki banyak hiasan / perabotan yang tidak berguna

Berhubung konsep bangunan yang sederhana, memilih plafon untuk rumah yang minimalis ini juga terbilang lebih mudah. Anda bisa memakai  plafon  kalsiboard yang mampu memberikan kesan luas pada bangunan rumah. Terlebih, pemellihraan plafon kalsibooard terbilang cukup mudah dan lebih tahan air, tidak dimakan rayap serta tidak mudah mengalami lapuk.

Selain plafon kalsiboard, plafon PVC juga bisa menjadi salah satu alternatif lain untuk mempercantik langit-langit rumah yang minimalis. Dibanding plafon jenis gipsum dan triplek, palfon PVC memiliki kelebihan lebih ringan dan awet akibat kandungan polymer isosianat yang membuat tidak mudah mengalami lapuk dan terurai.

Demikian tips seputar pemiihan plafon yang cocok digunakan untuk beberapa tipe rumah. Dari beberapa bahan plafon yang tadi disebutkan,  plafon gipsummasih menjadi primadona masyarakat karena sesuai dengan langit rumah dari berbagai model rumah. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *