Tips Memilih Cat Rumah Yang Tepat Untuk Melindungi Hunianmu

Tips Memilih Cat Rumah Yang Tepat Untuk Melindungi Hunianmu

Tinggal di wilayah yang tropis memang akan memberikan keuntungan tersendiri. Adanya sinar matahari yang melimpah bisa membuat kalian untuk menghemat listrik pada siang hari. Akan tetapi di mana ada kelebih pasti juga ada kekurangannya.

Intensitas matahari dan curah hujan yang tinggi juga beresiko menyebabkan kerusakan pada kondisi bangunannya. Maka dari itu, diperlukan cat rumah yang dapat melindungi bangunan tempat tinggal kalian agar terhindar dari pengelupasan dan peretakan dinding, atau bahkan pelapukan yang diakibatkan oleh jamur dan lumut.

Memilih cat rumah yang tepat tidak hanya sekedar memperhatikan segi estetikanya saja, akan tetapi juga harus memperhatikan perlindungan terhadap cuaca dan kondisi lingkungan. Jika kalian berencana mengecat kembali rumah, penting untuk memperhatikan beberapa hal ini sebelum kalian memilih cat rumah yang tepat dan bisa melindungi tempat tinggalmu.

  1. Cat Dasar Atau Cat Primer Sebagai Perekat

Dengan menggunakan cat primer sebagai cat dasar, daya lekat cat rumah akan menjadi lebih kuat dan melindungi dinding dari seragan alkali. Dengan berkembangnya jaman, cat rumah sudah ada yang mengandung cat primer, jadi kalian tidak perlu lagi membeli dua jenis cat rumah yang berbeda. Dengan itu proses pengecatannya juga menjadi lebih cepat dan tidak membuang waktu..

  1. Gunakan Jenis Cat Rumah Yang Tahan Terhadap Cuaca Untuk Bagian Eksterior

Pemilihan cat rumah yang tepat dapat disesukan juga dengan kebutuhan bangunan rumah kalian. Eksterior bangunan juga memerlukan cat dinding yang memiliki formula khusus yang membuatnya tahan terhadap kondisi cuaca di wilayah tropis, seperti terkena paparan sinar matahari, terkena hujan, suhu yang lembap dan polusi udara. Dengan ketahanan cat rumah seperti ini, bangunan akan tetap terlihat prima dan akan terhindar dari kerusakan dalam waktu yang lama.

  1. Perhatikan Juga Pilihan Cat Rumah Untuk Bagian Bangunan Yang Lain

Tidak hanya dinding yang perlu kalian lindungi, bagian-bagian bangunan lainnya juga harus kalian lindungi seperti kusen jendele, pagar rumah, kusen pintu dan plafon dengan pemilihan cat yang tepat.

Dalam memilih cat rumah yang tepat untuk bagian-bagian ini, kenali dulu material dasar dari bagian bangunan in. jika terbuat dari logam, seperti besi, kalian bisa menggunakan cat anti karat. Apabila terbuat dari bahan kayu, kalian bisa menggunakan cat khusus untuk kayu yang anti air dan anti rayap.

  1. Langkah Sebelum Mengaplikasikan Ulang Cat Rumah Pada Dinding

Pengerukan pada dinding yang berlumut dan berjamur perlu dilakukan sebelum kalian melakukan pengecatan ulang. Tahapan ini bisa dipermudah dengan memakai cairan paint remover sehingga warna cat rumah yang lama dan sudah jelek bisa cepat mengelupas.

Untuk itu, memastikan dinding telah bersih dari lumut dan jamur dengan menggunakan pembersih khusus seperti fungicidal wash. Bahan ini juga bisa mencegah lumut dan jamur untuk tumbuh kembali pada dinding.

Lain halnya dengan dinding yang masih diposisi dalam kondisi yang masih baik dan tidak memerlukan proses pengerukan, kalian bisa langsung melapisi dinding dengan wall sealer, sebelum nantinya akan dilakukan pengecatan ulang.

Itulah beberapa langkah yang perlu kalian perhatikan dalam memilih cat rumah yang tepat untuk tempat tinggalmu. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *