,

Tips Memilih Genteng Yang Baik

Genteng adalah salah satu bagian dari finishing penutup atap yang memiliki manfaat yang sangat besar dari segi kegunaan maupun estetika. Dari segi kegunaan, genteng berfungsi sebagai pelindung ruangan pada saat panas, hujan dan perubahan cuaca lainnya. Sedangkan dari segi keindahan, genteng dapat memberikan kesan tertentu tergantung dari konsep yang anda miliki.

Dalam memilih genteng rumah memang perlu ada beberapa pertimbangan. Tidak hanya dari sisi keindahan saja namun juga dari segi kualitas material pun juga harus diperhitungkan. Saat ini sudah banyak sekali model serta jenis genteng yang ada di pasaran, sehingga anda dapat memilih genteng sesuai dengan konsep rumah anda.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips secara umum. Tentang apa saja yang menjadi pertimbangan saat anda akan membeli genteng. Bila anda membutuhkan desain atau model genteng tertentu maka ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dulu dengan arsitek, sebab genteng yang baik belum tentu cocok untuk rumah anda. Berikut ini beberapa tipsnya, yaitu:

  1. Anggaran Biaya

Hal utama yang menjadi pertimbangan sebelum memilih genteng ialah biaya yang sesuai dengan anggaran belanja anda. Saat ini sudah banyak tersedia beraneka jenis atau model genteng terbaru yang memiliki harga yang berbeda-beda. Maka buatlah rencana anggaran biaya (RAB) rumah, sehingga semua pekerjaan dapat teralokasi dengan biaya yang memadai. Dengan telah menentukan pengalokasian dana maka anda dapat menentukan jenis genteng mana yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Kualitas Genteng

Memilih genteng dari segi kualitas juga perlu diperhatikan. Tentunya anda ingin memilih genteng yang awet dan tahan lama walau mengalami berbagai perubahan cuaca. Selain dari segi kualitas bahan pembuatan genteng, dalam hal pemasangan serta perawatannya juga harus lebih mudah. Setiap jenis genteng memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, misalnya untuk genteng yang berbahan dasar tanah liat yang baik pastinya tidak memiliki retakan serta suaranya nyaring. Begitu pula dengan jenis genteng lainnya.

  1. Estetika Genteng

Dalam memilih genteng yang selanjutnya ialah keindahan. Nilai keindahan atau estetika memang lebih banyak ditonjolkan dalam bentuk genteng yang berwarna. Hal ini terdapat beberapa salah kaprah tentang mengartikan keindahan genteng. Kebanyakan orang mengartikan genteng yang indah ialah genteng yang sedang trend saat ini. Padahal nilai keindahan yang benar ialah warna genteng sinkron dengan desain rumah. Maka oleh sebab itu tidak semua genteng yangsedang trend saat ini cocok untuk rumah anda.

  1. Berat Genteng

Tips memilih genteng sesuai dengan beratnya ini sebenarnya optional. Usahakan dalam memilih jenis genteng yang tidak terlalu berat, sebab dapat berpengaruh pada profil rangka atap. Semakin berat genteng, maka rangka yang dibutuhkan juga semakin besar dan semakin tinggi pula biayanya.

  1. Cek Barang Tiba

Bila anda memilih genteng hanya berdasarkan sampel di toko bangunan, maka saat pengiriman dalam jumlah yang besar, anda perlu melakukan pengecekan terlebih dulu. Hal ini tentunya bertujuan untuk memastikan bahwa genteng tidak ada yang rusak.

Tak bisa dipungkiri bahwa genteng sangat terlihat oleh semua orang sebab berada dibagian atas rumah. Maka sebaiknya anda mengikuti tips-tips di atas agar dalam memilih genteng dapat lebih maksimal. Kenyamanan merupakan salah satu faktor terpenting dalam memilih jenis genteng. Jangan sampai anda memilih genteng yang memiliki nilai keindahan tinggi namun tidak membuat anda nyamamn seperti hawa panas yang masuk ke dalam rumah. Semoga artikel di atas bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *