Tips Memilih Kusen Kayu

Kusen merupakan bingkai yang dipakai untuk memasang pintu dan jendela pada bangunan rumah. Hingga saat ini masih banyak hunian rumah yang menggunakan kusen berbahan dasar kayu. Selain memberikan kesan yang hangat, pemilihan kusen berbahan dasar kayu juga dikarenakan memiliki tampilan yang elegan. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati dalam memilih kusen berbahan kayu, sebab bila salah dalam memilih maka akan sangat merugikan. Agar Anda tidak keliru dalam memilih, berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa digunakan dalam memilih matrial kayu sebagai kusen pintu rumah Anda, yaitu:

  1. Pemilihan Tipe Kayu

Di pasaran tersedia banyak sekali berbagai jenis kayu. Dari sebagian besar jenis kayu, hanya beberapa kayu tertentu yang cocok untuk dijadikan sebagai kusen. Beberapa diantaranya ialah kayu Merbau, kayu Besi dan kayu Bayam, kayu Jati. Jika Anda menginginkan kusen dengan hasil yang  memberikan kesan elegan, stabil, awet dan tahan lama maka kayu Jati dan kayu Merbau bisa menjadi pilihan. Dibanding dengan beberapa jenis kayu yang lain, kedua jenis kayu tersebut memiliki harga yang relatif lebih mahal sebab selain memiliki serat kayu yang cantik juga memiliki kelebihan tahan terhadap serangan jamur serta rayap, sehingga dapat berumur panjang.

  1. Pemilihan Tekstur Kayu

Pemilihan tesktur kayu merupakan salah satu cara untuk mengetahui apakah kayu yang akan dijadikan kusen memiliki ketahanan atau tidak. Kayu yang memiliki tektur yang keras dan berkualitas baik biasanya berwarna merah kecoklatan. Salah satu cara untuk mengenali tekstur kayu yang baik yaitu dengan memperhatikan kayu saat saat terkena air. Kayu yang baik biasanya mengeluarkan getah yang berwarna merah.

  1. Hindari Belang Pada Material Kayu

Jika kusen dan pintu yang Anda pilih mempunyai belang putih sebaiknya kayu tersebut tidak digunakan. Sebab belang putih tersebut menandakan bahwa kayu tersebut merupakan kayu yang terdapat pada pinggiran balok kayu. Bagian pinggiran kayu merupakan bagian yang sangat rawan rayap dan tidak kuat. Sehingga jika Anda ingin memiliki kusen pintu kayu yang awet maka hindari memilih kusen yang memiliki belang putih.

  1. Pengaplikasian Obat Anti Rayap

Ketika Anda sudah memilih jenis kayu apa yang akan digunakan sebagai kusen, selanjutnya Anda perlu memilih obat anti rayap yang berkualitas baik. Pengaplikasian obat anti rayap dapat berbagai cara, bisa dengan menyemprotkan langsung pada lokasi rayap bersarang atau juga bisa langsung disemprotkan pada kusen sebelum dipasang.

Hal-hal diatas dapat menjadi acuan dalam memilih kusen pintu yang tidak hanya memiliki mutu yang baik namun juga memiliki nilai estetis. Pemilihan bahan ini merupakan faktor penting dalam menentukan mutu dari kusen itu sendiri. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *