, ,

Tips Memilih Material Bangunan untuk Rumah Anda

Untuk mendapatkan kualitas bangunan yang baik maka selain proses pembangunan hal yang tak kalah pnting ialah dalam memilih bahan material bangunan yang berkualitas. Saat ini di pasaran memang tersedia berbagai macam merek dengan berbagai kualitas. Namun dalam memilih bahan bangunan anda pasti akan dihadap pada suatu pilihan tentang material apa yang tepat untuk membangun rumah. Sehingga sebelum memutuskan untuk belanja, anda perlu mempelajari berbagai pilihan material bangunan yang tersedia sehingga anda dapat menentukan material bangunan mana yang sesuai.

Hal pertama yang perlu menjadi pertimbangan ialah harga. Mahal dan murahnya suatu material bangunan sebenarnya sangat relatif bagi setiap orangnya. Namun biasanya bahan material yang memiliki kualitas yang baik memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan bahan material lain. Dengan kualitas yang tinggi tersebut sehingga membuat bahan material yang sedikit mahal memiliki ketahanan yang lebih lama. Oleh sebab itu, dalam pemilihan bahan material perlu disesuaikan dengan anggaran yang anda miliki. Bila anggaran anda cukup banyak, maka anda bisa memilih bahan material yang memiliki kualitas yang tinggi. Namun apabila sebaliknya anda bisa mempertimbangkan pemilihan bahan bangunan dengan metode life-cycle cost.

Life-cycle cost merupan metode analisis yang mengacu pada biaya aktual dari bahan bangunan relatif terhadap periode waktu tertentu. Misalnya, jika suatu kusen aluminimu harganya 1 ½ kali dari kusen kayu, namun kusen aluminium memiliki umur pakai dua kali lebih lama dari kusen kayu, maka bisa dikatakan bahwa life-cycle cost kusen aluminium lebih murah daripada kusen kayu. Jika rumah yang anda bangun merupakan rumah yang akan ditempati dengan jangka waktu panjang, maka perlu mempertimbangkan biaya bahan bangunan serta komponen bangunan dengan metode ini.

Selain pertimbangan biaya, life-cycle cost juga bisa diterapkan pada perhitungan energi. Misal dalam pemilihan kaca jendela, walupun lebih mahal, kaca jendela berwarna gelap lebih dapat menyaring panas matahari yang masuk ke ruangan. Dengan demikian dapat mengefisienkan penggunaan AC.

Selain itu, dalam pemilihan matrial bangunan anda juga perlu mempertimbangkan estetika bangunan. Estetika merupakan hal yang cukup penting. Setiap orang memiliki sisi estetiknya masing-masing, dengan memperhatikan estetika maka secara tidak langsung anda juga telah memberikan nilai tertentu pada rumah anda. Oleh karena itu, selain murah, material bahan bangunan harus terlihat indah pula.

Dalam memilih bahan material yang pas untuk bangunan rumah anda memang perlu kejelian. Tak hanya memperhatikan biaya yang anda keluarkan, namun juga perlu memperhatikan kualitas serta keefektifan bahan material tersebut untuk rumah anda dalam waktu jangka panjang dan tak lupa nilai keindahannya. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *