Tips Memperbaiki Engsel Pintu Macet

Saat baru saja dipasang, pintu akan dengan mudahnya dibuka ataupun ditutup. Namun seiring dengan berjalannya waktu, debu serta kotoran akan melekat pada engseng pintu. Dan lama kelamaan engsel akan menjadi macet dan tidak dapat lagi berfungsi dengan baik.

Saat kedua potongan logam bergesekan dengan pin di dalam silinder engsel, dan pelumas mengering maka akan timbul bunyi berdecit. Bila hal tersebut dibiarkan maka akan merusak engsel, sehingga yang anda butuhkan adalah sesuatu yang dapat membasahi dan melicinkan engsel tersebut. Untuk itu, anda membutuhkan pelumas. Selain melicinkan, pelumas juga berfungsi untuk menghilangkan noda yang melekat sehingga pintu dapat membuka tutup dengan mudah. Untuk memperbaikinya, berikut beberapa tahapan yang dapat anda lakukan:

Keluarkan Pin dari Lubang Engsel

Tempatkan obeng minus pada celah antara engsel dan kepal skrup pin. Pukul pangkal obeng dengan menggunakan palu secara perlahan-lahan hingga sekrup tercongkel ke luar. Lakukan juga pada sisi lainnya hingga pin keluar dari lubang engsel.

Lumasi Lubang Pin

Setelah pin terlepas, kemudian bersihkan bagian dalam lubang dengan menggunakan kain, lalu lubrikasi ulang dengan pelumas grafit atau minyak mesin jahit.

Bersihkan dan lumuri pin dengan minyak

Bersihkan pin dengan kain, kemudian lumuri dengan pelumas. Gantilah pin engsel bila menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti aus atau terlalu banyak karat. Bila karat sudah terlalu  parah maka anda dapat merendamnya beberapa menit di dalam cuka putih. Setelah karat luruh, keluarkan dan bersihkan dengan pelumas.

Pasang kembali pin ke lubang engsel

Setelah semua bersih, pasang kembali elemen-elemen yang telah dibongkar sesuai dengan urutan pemasangan. Pasang pin serta sekrup penutupnya dengan palu agar dapat masuk dan terpasang dengan lubang engsel.

Kencangkan Sekrup pada kaki Engsel

Selain membenahi pin engsel, perbaiki juga sekrup-sekrup yang ada pada kaki engsel. Kencangkanlah menggunakan obeng minus atau kembang sesuai dengan sekrup yang terpasang.Bila anda kurang yakin, maka lepas sekrup dan kencangkan kembali.

Besihkan Engsel

Setelah semua dicek dan dipasang  kembali, bersihkan keseluruhan engsel Anda, lumuri dengan pelumas. Pastikan engsel Anda masih bagus, tidak berkarat banyak. Lakukan pada seluruh engsel pintu tersebut. Coba kembali membuka –tutup pintu Anda.

Setelah semua terpasang dengan baik, maka bersihkan keseluruhan engsel pintu anda. Lumuri dengan menggunakan pelumas. Pastikan engsel masih dalam keadaan baik, tidak berkarat banyak. Lakukan cara ini pada semua engsel pintu.

Demikian beberapa tahapan dalam memperbaiki engsel pintu. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *