Tips Menghilangkan Karat Pada Besi dengan Bahan Dapur

Karat merupakan salah satu hal yang sering sekali membuat jengkel. Bagaimana tidak? Karat sering sekali membuat barang-barang yang terbuat dari besi menjadi mudah rusak dan tidak bisa lagi digunakan. Peralatan yang bisa terkena karat tak hanya bagian-bagian yang ada di bagian rumah saja, namun karat juga bisa menyerang peralatan dapur yang sering digunakan untuk memasak.

Namun, ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Menggunakan bahan-bahan yang bisa dengan mudah di temukan di sekitar anda. Berikut ini beberapa diantaranya:

Gunakan Garam Dapur, soda kue dan perasan jeruk nipis.

Garam dapur dan soda kue merupakan salah satu bahan yang selalu ada di setiap rumah. Selain sebagai penyedap masakan, ternyata garam dapur juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat dibeberapa perabot. Selain itu bahan lain yang berupa jeruk nipis bila dicampurkan dengan ketiga jenis bahan dapur ini akan dapat membantu menghilangkan karat.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan ketiga bahan dengan rincian setengah sendok makan garam dan soda kue dan sedikit perasan jeruk. Kemudian gunakan kuas cat yang sudah tidak terpakai untuk mengoleskan bahan yang telah dicampurkan ke bagian yang berkarat. Diamkan beberapa saat dan lihatlah sampai ada reaksi antara karat dan cairan yang sudah anda olehkan. Bila sudah dibiarkan beberapa saat, maka karat akan memudar dan hilang.

Cuka Putih

Sama seperti bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya, cuka merupakan bahan yang mudah di temukan di rumah. Selain sebagai penyedap rasa, cuka putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat di perabotan khususnya perabotan besi. Gunakan lap kering untuk mengoleskan cuka putih ke sesuatu yang berkarat. Usap secara perlahan hingga karat pada besi sedikit demi sedikit mengelupas. Biasanya karat akan segera menghilang setelah dioles berkali-kali. Selain cuka putih, anda juga menggunakan cuka biasa yang harganya lebih murah.

Kombinasi Kentang Dan Sabun Cuci Piring

Tak banyak orang mengetahui bahwa ternyata kentang dan sabun cuci piring juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Kentang merupakan salah satu bahan makanan pengganti nasi yang biasanya dikonsumsi untuk aneka masakan, sedangkan sabun cuci piring biasanya digunakan untuk mencuci piring yang berlemak atau hanya kotoran bekas makanan biasa. Namun ternyata bila kedua bahan tersebut disatukan, maka dapat menghilangkan karat yang menempel pada perabotan logam. Caranya sangatlah mudah, yaitu potong kentang dengan ukuran kecil atau bisa tumbuk sampai halus agar sari-sari yang terkandung kentang keluar. Kemudian campurkan kentang yang telah dihaluskan tersebut dengan cairan pencuci piring. Setelah semua tercampur rata, kemudian anda bisa segera mengoleskannya pada benda-benda yang berkarat. Diamkan beberapa saat sampai bahan-bahan meresap. Kemudian setelah ditunggu beberapa waktu, anda bisa menggosoknya dengan spons yang berbahan alumunium. Gosok beberapa kali hingga karat menghilang.

Cara-cara diatas pastinya sangat mudah digunakan dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah dijumpai. Tak perlu menggunakan bahan-bahan yang mahal. Semoga tips di atas dapat membantu anda dalam menghilangkan karat. Bila anda membutuhkan tenaga profesional dalam melakukan perawatan rumah anda maka segera hubungi kontak person kami yang tersedia di website.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *