Tips Merawat AC Agar Tetap Dingin

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Saat musim kemarau, biasanya suhu udaranya sangat panas membuat tubuh menjadi mudah berkeringat. Saat – saat seperti inilah mengapa AC merupakan salah satu bagian yang cukup vital yang ada di dalam rumah. Hawa yang sejuk dan dingin membuat penghuni rumah menjadi terasa nyaman dan tidak merasa gerah karena kepanasan. Walaupun kipas angin juga dapat menghilangkan rasa panas, namun tidak seperti ac yang memberikan rasa dingin yang sejuk yang lebih baik.

Dengan kelebihan AC tersebut, tak heran banyak orang yang menggunakan AC secara terus menerus. Namun, bila AC digunakan non-stop maka lama kelamaan akan memperpendek umur AC dan menyebabkan kerusakan pada mesin. Pastinya hal ini tidak anda inginkan, bukan? Terlebih saat memasuki musim kemarau yang panas seperti sekarang. Untuk itu, agar AC memiliki umur lebih panjang, maka anda perlu melakukan hal-hal khusus dalam perawatannya. Simak tips berikut ini!

  • Matikan AC saat anda sedang berpergian. Selain dapat menghemat energi listrik, mematikan AC saat tidak ada orang di rumah juga dapat menghemat pengeluar anda.
  • Manfaatkan fitur pengaturan yang ada di remot AC. Salah satu fitur yang bisa anda manfaatkan ialah dengan menggunakan fitur timer. Sebaiknya set waktu penggunakaan AC selama 5 jam. Dengan begitu, mesin AC tidak mudah rusak karena tidak terlalu sering over heat.
  • Untuk keawetan AC, sebaiknya tidak mengatur suhu dibawah 22 derat celcius. Mengatur suduh dibawah 22 derajat celcius hanya akan membuat mesin AC menjadi mudah panas. Selain itu, suhu 22 derajat merupakan suhu ruangan yang pas bagi iklim di Indonesia.
  • Lakukan pembersihan secara berkala pada bagian dalam AC. Pembersihan rutin dapat anda lakukan 1 hingga 3 bulan sekali. Biasanya, pembersihan AC dilakukan oleh teknisi khusus AC.
  • Selain membersihkan secara rutin, pengecekan freon AC juga penting untuk dilakukan. Sebab bila terjadi pengurangan serta kebocoran AC maka akan mengurangi tingkat kedinginan pada AC anda. Lakukan pengecekan freon sambil service berkala.

Demikian beberapa tips yang bisa anda lakukan agar usia AC di rumah anda tahan lama. Dengan mengetahui cara merawat penggunaan AC, anda juga sebaiknya sadar akan penggunaan yang tepat akan kebutuhan. Bila anda membutuhkan jasa service AC maka kami akan dengan senang hati membantu memenuhi kebutuhan anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *