Tips Merawat Atap Alang-alang pada Rumah Tradisional

Alang-alang atau ilalang merupakan salah satu jenis atap yang banyak digunakan pada rumah-rumah dengan model tradisional. Selain menambah ramah lingkungan, atap alang-alang ini juga memberikan hawa sejuk dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Hal ini dikarenakan adanya celah pada sela-sela susunan ilalang yang dapat berfungsi sebagai ventilasi, sehingga udara dapat keluar masuk dengan mudah.

Walaupun terkesan kuno, namun atap alang-alang masih banyak dipilih karena memiliki nilai estetika yang tinggi untuk rumah yang didesain dengan gaya yang natural. Walaupun atap alang-alang banyak digunakan pada rumah-rumah tradisional, namun kini juga sudah banyak rumah modern yang menggunakan atap ilalang untuk memunculkan kesan modern tradisional.

Untuk bisa memasang atap ilalang ini, maka dibutuhkan bahan-bahan berupa rumpunan alang-alang, bilah bambu serta tali pengikat. Terdapat dua macam tali pengikat yang biasa digunakan yaitu tali ijuk yang berwarna hitam dan tali bambu yang berwarna putih kekuningan. Walaupun tali ijuk lebih kuat, namun tali bambu lebih banyak digunakan karena dapat memberikan tampilan visual yang terlihat lebih menarik.

Tentunya agar atap ilalang dapat awet dan tahan lama, maka diperlukan perawatan secara berkala. Setidaknya terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan dalam merawat atap ilalang, yaitu antara lain sebagai berikut:

Bersihkan Atap Secara Berkala

Atap alang-alang rentan terhadap tumpukan debu. Oleh karena itu, atap harus dibersihkan dengan cara disapu dan disiram dengan air untuk menghilangkan kotorannya. Anda dapat melakukan perawatan ini minimal setiap 3 bulan sekali supaya atap alang-alang tidak mudah rusak.

Lekas Perbaiki Bagian Atap yang Rusak

Atap alang-alang termasuk atap yang mempunyai daya tahan relatif rendah. Jika tidak dirawat dengan benar, maka akan banyak kerusakan yang timbul pada atap tersebut. Parahnya kerusakan di atap ilalang akan merambat, di mana sebuah kerusakan yang tidak ditangani segera akan berdampak ke bagian lain. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka segeralah atasi sampai tuntas apabila ada bagian atap ilalang di rumah anda yang rusak.

Pasang Alang-alang dengan Jarak yang Rapat

Semakin dekat jarak pemasangan rumpun alang-alang, maka akan semakin awet pula atap alang-alang tersebut. Sehingga sangat disarankan untuk memasang rumpunan ilalang dengan jarak sekitar 2-3 cm, lalu ikat pada kaso memakai tali bambu. Hal ini akan meningkatkan daya tahan atap alang-alang di rumah anda sampai berusia 6-7 tahun.

Beberapa tips diatas bisa anda gunakan dalam melakukan perawatan berkala pada atap alang-alang rumah anda. Bila anda kesulitan dalam melakukannya, maka kami akan dengan senang hati membantu anda serta memberikan pelayanan yang terbaik. Segera hubungi kontak person yang tersedia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *