Tips Merawat Furnitur Kayu Agar Tetap Tahan Lama

Mebel kayu merupakan bagian dari interior rumah yang ada di hampir seluruh rumah di Indonesia. Hal itu tidak heran karena furniture kayu merupakan salah satu produk lokal yang menjadi kebanggaan seluruh masyarakat. Selain itu, furniture kayu juga memberikan kesan yang estetik tersendiri sehingga rumah menjadi semakin indah dan memberikan kesan yang hangat pula. Namun, dalam perawatannya bisa dibilang susah-susah gampang. Ada cara-cara yang perlu anda lakukan agar funiture anda tetap awet sampai puluhan tahun lamanya. Untuk itu, berikut ini kami berikan beberapa cara yang bisa anda terapkan pada furniture kesayangan anda, yaitu sebagai berikut:

Penempatan

Sebaiknya beri jarak yang cukup antara furnitur dengan dinding atau perabot lain. Jarak yang disarankan setidaknya 5 cm. Tujuannya, agar furnitur tidak lembab karena material kayu yang lembab berpotensi ditumbuhi  jamur.

Pemindahan

Untuk memberikan suasana beda, menata ulang tampilan interior ruang sering dilakukan. Cara paling mudah yaitu mengganti  tata letak perabot ruangan. Ketika melakukan pemindahan sebaiknya lakukan dengan cara mengangkatnya bukan menyeret perabot. Karena, mengangkat perabot tidak memengaruhi kekuatan furnitur dalam menahan beban. Cara itu juga mampu menghindari lecet, patah, atau rusak.

Hindari Matahari

Untuk menjaga kualitas bahan dan warna, furnitur hendaknya ditempatkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Jika terlalu sering dan lama terkena sinar matahari, warna furnitur akan memudar dan kualitas bahannya menurun. Itu disebabkan karena kayu mampu melengkung atau menyusut bila terlalu sering terkena matahari.

Bersihkan

Selain penempatan yang sesuai , menjaga kebersihan furnitur juga penting untuk dilakukan. Maka, luangkan waktu untuk membersihkan furnitur kayu secar berkala, misalnya seminggu sekali. Untuk membersihkannya, anda bisa menggunakan kain yang diberi cairan khusus. Cairan khusus furniture kayu ini bisa anda beli di toko-toko bahan bangunan atau bisa juga anda buat sendiri dengan campuran baking soda dan air.

Caranya sangat mudah, yaitu gosok secara perlahan-lahan pada furniture kayu anda. Gunakan sikat gigi untuk bagian-bagian yang tidak bisa anda jangkau dengan tangan. Untuk perawatan secara berkala, anda bisa lakukan secara rutin.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk anda. Apabila anda memiliki perabot kayu dan ingin dilapisi dengan cat pelindung kayu agar lebih awet, anda bisa menghubungi kami untuk pelayanan yang tebaik. Silahkan hubungi kontak person yang telah tersedia dan kami siap membantu anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *