Tips Merawat Lantai Granit Dengan Mudah

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa menggunakan aksen marmer dan granit menjadi salah satu trik paling populer untuk menambahkan keindahan dan kemewahan dalam hunian. Namun lantaran memiliki permukaan yang berpori-pori, cukup banyak orang yang menganggap jenis lantai ini tak mudah dibersihkan. Terlebih jika saat mengepel, air dapat menjadi noda yang akhirnya sulit dihilangkan.

Dan meski lantai granit terbuat dari batu, bukan berarti Anda dapat menggunakan sebaga macam cara untuk menjaga lantai granit tetap terlihat bagus seperti saat pertama kali dipasang. Diperlukan kehati-hatian saat memilih cara membersihkan lantai granit agar mengkilap. Berikut ini beberapa trik dan tips terbaik untuk membersihkan lantai yang terbuat dari batu granit:

Cara Merawat Lantai Granit

Jika granit baru saja dipasang, hindari menggunakan pel basah untuk membersihkan lantai. Cara ini memang tak akan merusak lantai, namun sangat mungkin meninggalkan goresan yang sangat mencolok akibat penyebaran debu halus yang tertinggal. Disarankan untuk menggunakan vacoom dan pel debu kering untuk membersihkannya.

Campuran baking soda dan air

Cara merawat lantai granit selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran baking soda bubuk dengan air untuk membersihkan lantai yang cukup kotor. Pertama semprotkan area yang ingin Anda bersihkan dengan air, lalu oleskan campuran baking soda dan biarkan selama 24 jam. Jika campuran telah kering, lakukan pembersihan seperti pada poin sebelumnya dengan campuran air dan sabun.

Segera bersihkan tumpahan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, granit dan marmer dapat dengan mudah ternodai oleh cairan yang tumpah, sekalipun itu hanya air biasa. Untuk menghindari noda tertinggal pada lantai granit, sangat disarankan untuk sesegera mungkin membersihkan tumpahan. Dan usahakan melakukannya dengan teknik yang disarankan agar tak semakin merusak lantai granit.

Usahakan untuk membersihkannya setiap hari

Cegah penumpukan debu dan kotoran pada lantai granit dengan secara rutin membersihkannya setiap hari menggunakan lap debu microfiber kering. Cara membersihkan lantai granit yang satu ini dapat merawat kecantikan alami lantai granit dan menjaga kilau lantai.

Pastikan Anda mengeringkan tumpahan dengan kain pembersih yang menyerap cairan dengan sempurna. Hindari menggosok atau menyeka noda, terlebih dengan gerakan yang kasar. Pasalnya cara tersebut dapat membuat noda semakin dalam tertinggal di pori-pori lantai. Sifat lantai granit hampir mirip dengan karpet, jadi teknik membersihkan nodanya pun serupa.

Gunakan pelarut pembersih dengan pH seimbang

Untuk cara perawatan lantai granite sebenarnya tak terlalu sulit dilakukan. Gunakan campuran air dan sabun lembut dan semprotkan ke area lantai yang ingin dibersihkan. Setelah itu basahi kain yang akan digunakan dan bersihkan area tersebut dengan handuk. Hindari menggunakan cairan bersifat asam, seperti air perasan jeruk lemon.

Yang paling penting dari semua tips di atas adalah ikuti panduan dari produsen untuk cara merawat lantai granit tile, terutama untuk lantai granit yang dilapisi dengan sealer, agar tetap awet sejak pemasangan pertama. Pasalnya cara membersihkan dan merawat lantai granit yang berlapiskan sealer biasanya berbeda. Penting untuk mengetahuinya sebelum menggunakan cairan pembersih yang justru dapat merusak sealant maupun lantai granit Anda

Demikianlah beberapa tips dalam merawat lantai granit dalam hunian anda. Segera lakukan tips-tips yang telah kami lakukan di atas untuk mendapatkan lantai granit yang bersih dan menawan. Apabila anda ingin melakukan penggantian pada lantai granit anda maka anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan layanan terbaik dari kami.  

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *