Tips Merawat Rumah

Kenyamanan dalam rumah merupakan sesuatu yang sangat penting bagi penghuninya. Dengan kenyamanan, maka anda bisa merasakan suasanya yang menyenangkan serta menenangkan. Namun banyaknya perabot serta aktivitas yang sering anda lakukan di dalam rumah menyebabkan rumah menjadi berantakan bila tidak rutin membereskannya. Oleh karena itu, agar rumah tetap bersih dan nyaman, maka anda perlu meluangkan waktu untuk merapikannya sedikit demi sedikit. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda kerjakan untuk membuat rumah anda kembali nyaman:

Cat Ulang Dinding

Dinding merupakan bagian yang paling menonjol serta dominan yang memiliki peran penting untuk merubah suasana dalam rumah anda. Bila dinding rumah anda sudah terlihat kusam, maka anda bisa mengecat ulang dengan mengganti warna yang lebih menyegarkan. Anda bisa membayar jasa tukang untuk menghemat tenaga anda. Namun apabila budget anda terbatas maka anda bisa mengecatnya sendiri dibantu dengan orang terdekat.

Menyortir Barang

Setelah mengecat ulang dinding, maka hal berikutnya yaitu anda perlu menata ulang ruangan-ruangan yang terlihat sangat berantakan di rumah anda. Anda bisa memulainya dengan menyortir barang-barang yang dirasa sudah tidak terpakai atau kurang bermanfaat. Barang-barang tersebut bisa barang-barang yang ada di kamar, ruang tamu, ruang keluarga atau bahkan kamar tidur anda sendiri.  Setelah menyortir barang-barang, maka anda perlu mengecek kondisi furnitur atau perabot di rumah anda apakah masih dalam keadaan baik atau tidak. Apabila ada perabot yang kotor maka anda perlu membersihkannya. Kotoran yang menempel pada furnitur yang tidak segera dibersihkan maka akan menyebabkan perabot menjadi terlihat usang dan tidak menarik. Sehingga dengan membersihkannya akan debu-debu akan segera hilang.

Bereskan Teras dan Taman

Setelah selesai membereskan area indor, maka anda perlu bergeser ke area eksterior. Periksa teras, taman ataupun bagian luar rumah anda. Rapikan tanaman yang ada di taman dengan memotong dahan-dahan yang sudah mengering. Selain itu anda juga bisa menata ulang taman anda dengan lebih menarik lagi. Cek apakah terdapat kerusakan yang perlu diperbaiki, seperti pagar rumah yang mulai berkarat, tempat sampah yang rusak atau terdapat tembok luar yang mengelupas. Jangan lupa pula untuk menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi diperlukan agar terlihat lebih rapi.

Setelah anda melakukan hal-hal di atas, maka anda bisa merencanakan aktivitas bersih-bersih di rumah Anda. Hal ini agar pekerjaan rumah anda tidak menumpuk sehingga membutuhkan waktu dan tenaga lebih dalam merapikannya. Karena rumah yang bersih mencerminkan pribadi prnghuninya. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *