Tips Mudah Agar Rumah Selalu Rapi dan Bersih Setiap Saat

Memiliki rumah yang bersih setiap saat merupakan semua harapan semua orang. Dengan rumah yang rapi dan bersih maka anda akan menjadi nyaman saat berada di rumah. Namun apabila rumah dalam keadaan kotor dan berantakan maka untuk beristirahat saja enggan. Terlebih bila anda memiliki anak yang masih kecil yang gemar untuk mengambil barang dan menaruh sembarangan. Banyaknya bagian rumah yang kotor pastinya membuat anda bingung dalam memilih bagian mana yang dulu yang harus dibersihkan. Nag, agar anda tidak kebingungan maka berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa anda aplikasikan dalam membersihkan rumah, yaitu sebagai berikut:

Pilih Bagian Rumah Yang Lebih Cepat Kotor

Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang sangat mudah sekali kotor. Karena dapur merupakan bagian yang cukup penting di dalam rumah maka apabila setelah digunakan akan lebih baik bila segera di bersihkan. Agar lebih mudah, maka anda bisa sediakan dua lap kering di dekat kompor untuk mengangkat panci panas, dan lainnya untuk melap meja dapur (jangan terlalu dekat agar lap tidak terbakar) saat menunggu masakan matang. Apabila ada tumpahan atau cipratan minyak di sekitar dapur maka segera bersihkan dengan cairan khusus pembersih dapur.

Mengatur Jadwal

Hidup yang teratur adalah awal kesejahteraan lahir batin. Tentukan jam khusus untuk bersih-bersih, entah pagi atau sore hari, di sela-sela aktivitas lainnya. Jangan lupa tentukan juga durasinya. Misalnya, 15 menit untuk menyapu rumah sebelum berangkat kerja atau belanja. Letakkan jam dinding atau jam meja di tempat strategis agar bisa mengetahui sisa waktu yang Anda miliki.  

Pembagian tugas

Kecuali Anda tinggal di rumah seorang diri, semua penghuni rumah perlu dilibatkan untuk menjaga kebersihan. Bicarakan dengan pasangan, apakah ia tak keberatan membersihkan halaman pagi-pagi sekali. Ajarkan anak-anak untuk meletakkan barang-barang pada tempatnya setelah digunakan. Beri tempat terpisah untuk setiap jenis barang untuk memudahkan mereka. Di akhir minggu, libatkan mereka dalam aktivitas bersih-bersih ‘besar’ seperti menyapu dan mengepel lantai atau membersihkan jendela kaca. Mengajarkan bersih-bersih sejak usia dini baik untuk menumbuhkan kepedulian anak pada lingkungan sekitarnya.

Istirahatkan ponsel Sejenak

Hal yang membuat proses bersih-bersih rumah memakan waktu yang lama yaitu dikarenakan anda tidak bisa melepaskan ponsel anda saat sedang bersih-bersih. Bersosial media dan chatting dengan teman-teman memang menyenangkan, namun akan lebih menyenangkan lagi apabila kegiatan tersebut dilakukan setelah semua pekerjaan rumah anda selesai. Percayalah, anda tak akan kehilangan informasi berharga apabila anda sejenak mengistirahatkan ponsel anda.

Beberapa tips di atas bisa anda aplikasikan agar rumah anda agar selalu rapi dan bersih setiap saat. Bila rumah anda bersih maka anda juga akan nyaman saat berada di rumah. Namun apabila anda orang yang sangat sibuk dan membutuhkan tenaga dalam membersihkan rumah, anda tak perlu khawatir karena kami akan dengan senang hati membantu anda. Silahkan hubungi kontak person kami di website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Salam.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *