Tips Mudah dalam Merawat AC Agar Selalu Dingin

AC kini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang tidak boleh terlupakan dalam sebuah hunian. Kini hampir di setiap rumah terdapat pendingin ruangan yang terpasang. Hal tersebut tidak mengherankan karena hidup di daerah beriklim tropis terkadang membuat gerah dan tidak nyaman, sehingga kini banyak orang yang sudah menggunakan AC di hampir setiap kamar. Namun yang namanya elektronik bila digunakan secara terus menerus maka cepat atau lambat akan mengalami penurunan kondisi. Oleh karena itu agar AC bisa awet dalam kurun waktu yang lama, berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan, yaitu:

  1. Bersihkan saringan udara secara rutin

Hal utama agar AC bisa bertahan lebih lama yaitu dengan rutin membersihkan saringan udara. Saat saringan udara tidak rutin dibersihkan maka akan menghambat kinerja AC dan udara yang dihasilkan tidak sejuk. Selain itu saringan udara yang tidak bersih akan membuat kualitas udara yang keluar dari AC menjadi kotor dan dapat berdampak pada kesehatan. Oleh sebab itu bersihkan saringan udara secara rutin minimal dua minggu sekali. Namun akan lebih baik bila dibersihkan lebih sering lagi.

  1. Bersihkan juga area Evaporator

Selain membersihkan penyaring udara, hal yang tidak bisa dilupakan ialah membersihkan bagian evaporator. Evaporator merupakan merupakan komponen pendingin pada bagian AC. Bila bagian ini rusak maka udara yang dihasilkan tidak sejuk. Pembersihan evaporator secara rutin dapat dilakukan dengan menggunakan penyedot debu dan arahkan ke sela-sela agar debu yang terselip bisa terangkat. Usahakan untu tidak menekan sirip evaporator karena sangat rentan mengalami kerusakan.

  1. Bersihkan bagian kipas AC

Selanjutnya ialah membersihkan debu yang menempel di bagian kipas. Kipas pada AC berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara  sehingga debu sangat mudah menempel pada kipas. Dengan membersihkan kipas AC secara rutin maka akan membantu kinerja AC menjadi lebih rinsehingga dapat bertahan lebih lama.

  1. Jangan mengatur suhu thermostat terlalu rendah

Thremostat adalah bagian AC yang berfungsi dengan otomatis untuk melindungi dan menjaga suhu AC agar tetap dingin. Selain itu, thermostat juga berfungsi untuk menjaga AC agar tidak bekerja secara berlebihan. Untuk menjaga kondisi AC menjadi tetap prima dalam kurun waktu yang lama maka usahakan untuk tidak mengatur temperatur AC kurang dari 16 derajat. Suhu 16 derajat sebenarnya merupakan target suhu ruangan yang ingin dicapai. Sehingga apabila suhu terus diatur pada suhu 16 derajat secara terus menerus maka akan membuat kinerja AC menjadi lebih keras sehingga membuat AC cepat rusak.  Maka bila suhu ruangan sudah mulai dingin maka aturlah suhu ruangan dengan suhu yang lebih tinggi seperti pada suhu 18 derajat atau 20 derajat.

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam perawatn AC di rumah anda. Agar AC anda lebih awet maka anda perlu melakukannya secara berkala. Ada baiknya perawatan AC dilakukan oleh yang sudah ahli agar tidak terjadi kesalahan dalam pemasangan. Bila anda membutuhkan tenaga ahli dalam perawatan AC maka kami siap membantu anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *